atasi cegukan

Pernahkah Anda mengalami cegukan saat sedang puasa? Kalau sedang tidak puasa, cegukan bisa dengan mudah dihilangkan dengan cara meneguk segelas air putih. Tapi kalau sedang puasa, bagaimana?

Ternyata ada beberapa trik yang bisa dipilih untuk mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Dilansir dari listovative.com, ada lima cara mengenyahkan cegukan dengan cara mudah tanpa harus minum air putih atau mengonsumsi makanan tertentu. Berikut sharingdisini tips hilangkan cegukan saat berpuasa, tanpa harus membatalkan puasa.

 

1. Tahan Napas

Cegukan bisa diatasi dengan menahan napas. Tahan napas selama beberapa saat. Tubuh pun akan bekerja dengan membawa udara menekan saraf-saraf di kepala sehingga bisa meredakan cegukan. Ulangi dua hingga tiga kali kalau percobaan tahan napas yang pertama masih belum berhasil.

2. Menggunakan Kantung Kertas

Ambil kantung kertas, lalu tarik napas dan keluar napas dengan meniup kantung kertas tersebut (kantung kertas akan mengembang dan mengempis setiap kali Anda bernapas). Cara ini bisa meningkatkan kadar karbondioksida dalam aliran darah sehingga tubuh secara otomatis bisa meredakan cegukan yang Anda rasakan.

 

3. Tutup Lubang Telinga dengan Jari Telunjuk

Tutup kedua lubang telinga Anda dengan menggunakan jari telunjuk. Tapi jangan ditekan terlalu keras, ya. Tahan beberapa saat sampai cegukan hilang. Beberapa ujung saraf vagus berada di sistem pendengaran kita. Tekanan dari ujung jari telunjuk bisa membantu Anda meredakan cegukan yang Anda alami.

 

4. Minta Digelitiki

Minta teman atau seseorang untuk menggelitiki Anda. Tujuannya adalah agar saraf tubuh Anda bisa “teralihkan perhatiannya” dan cegukan bisa hilang dengan sendirinya. Ketika Anda sudah bisa tertawa lepas, kemungkinan besar saat itulah cegukan sudah hilang.

5. Shock Therapy

Anda bisa minta bantuan seseorang untuk mengejutkan anda atau membuat Anda kaget. Tapi kejutannya harus benar-benar tak terduga supaya cegukan hilang seketika.

 

Nah, mudah bukan. Cegukan saat berpuasa? Silakan mencoba cara-cara di atas.