Bastoy, Norwegia: Sebuah pulau kecil di Norwegia dengan pohon-pohon pinus, pantai berbatu, peternakan pedesaan dan pondok-pondok kayu, kedengarannya hampir seperti liburan romantis yang sempurna. Tapi warga disana sebenarnya adalah narapidana yang tinggal. World’s Nicest Prison, begitulah panggilan yang dibuat oleh para narapidana untuk penjara bak surga itu. Hebatnya lagi, penjara ini bukanlah penjara untuk para koruptor ataupun orang kaya. Tetapi penjara ini dihuni oleh para pembunuh dan juga pemerkosa.

rutam bastoy

Ket: Foto Rutan Bastoy

 

kamar rutan bastoy

Ket: Foto Kamar Rutan Bastoy

 

Setiap tahanan memang dilarang untung memiliki alat komunikasi pribadi, tetapi pihak Penjara Bastoy menyediakan beberapa telepon umum disekitar halaman yang bisa digunakan selama 3 kali dalam seminggu. Kenikmatan lainnya adalah selama bulan-bulan musim panas, 115 tahanan di pulau itu dapat berjemur, memancing, pergi ke pantai, bermain tenis atau bersantai sambil sauna.

bilik telp baston

Ket: Bilik Telepon Rutan Bastoy

 

Untuk dapat bertempat tinggal di dalam Bastoy yang sudah berumur 35 tahun ini, para calon tahanan harus melalui beberapa seleksi terlebih dahulu. Jika ada tahanan yang dianggap mengancam atau mungkin dapat merusak perdamaian di pulau ini, pasti akan ditolak.

halaman bastoy

Ket: Foto halaman Rutan Bastoy

 

 

kegiatan tahanan

Ket: Foto Kegiatan Para Tahanan

 

Penjara Bastoy yang terletak di sebuah pulau satu mil persegi di selatan Norwegia ini tidak seperti biasanya, para tahanan tidak memakai seragam bahkan mereka bebas memakai pakaian yang mereka mau. Tidak hanya itu, narapidana memiliki kunci kamar sendiri loh. Setiap tahanan diharuskan menghormati dan mempercayai satu sama lain melalui kerja dan belajar bersama dengan harapan dapat menurunkan tingkat kejahatan. Teori yang dipakai adalah jika para kriminal berbahaya diberi kebebasan, maka mereka akan lebih baik dalam rehabilitasi. Dan hasilnya, para penjahat di Norway jarang mengulangi kriminalitasnya setelah keluar dari penjara ini. Dan kejahatan yang dilakukan para mantan tahanan Bastoy memang mengalami penurunan kriminalitas dibandingkan dengan beberapa penjara yang lebih ketat lainnya.

Apabila anda menjadi salah satu calon penghuni tempat ini, jangan pernah anda melakukan pelanggaran atau merusak perdamaian didalamnya, karena anda akan menerima sanksi berat berupa pemindahan ke dalam penjara yang super ketat dari sebelumnya. Sudah nyaman, mau di sia siakan begitu saja? Tapi, bukan berarti ini menjadi motivasi anda agar bisa merasakannya. Karena bagaimanapun, tinggal bersama  orang orang yang dicinta dalam satu tempat tinggal adalah jauh lebih nyaman dari pada tempat lainnya.

Oleh : Naomi Fitriani Tobing