vegetarian

vegetarian

 

Makanan sehat membuat tubuh menjadi sehat, tentulah kalimat umum yang sering diperbincangkan saat ini. Bagaimana pola hidup yang sehat? Banyak masyarakat yang belum mengetahui sebenarnya pola makanan seperti apa yang baik untuk tubuh. Tentu saja sesuai dengan topik, pola hidup vegetarian memang terbukti secara ilmiah terbilang sehat dan baik. Mungkin banyak orang yang mempertanyakan, bagaimana gizi serta vitamin yang ada di daging dan ikan? Secara umum, daging dan ikan memiliki vitamin zat besi, kalium, protein dan lain-lain. Tapi tenang saja, vegetarian tak kalah sehat dibanding semua itu, semua gizi serta vitamin bisa kita dapatkan dengan makan kacang-kacangan, sayur bayam, buncis, gandum, ubi dan sayur serta buah lain.

Vegetarian pertama kali populer di zaman phytagoras sejak abad 6 SM. Ada 10 jenis vegetarian, yaitu :

1. Vegan, vegetarian yang mempunyai aturan paling ketat. Para vegan tidak mengkonsumsi semua daging binatang, baik itu daging merah, daging unggas, atau daging ikan. Vegan juga tidak mengkonsumsi produk olahan dari binatang sepeti telur, susu, atau keju. Vegan juga tidak menggunakan produk yang berasal dari hewan atau menggunakan hewan sebagai percobaan seperti kosmetik dan aksesoris kulit.

2. Lacto vegetarian, vegetarian jenis ini juga tidak mengkonsumsi semua jenis daging (daging merah, daging unggas, atau daging ikan) dan telur, tetapi tetap mengkonsumsi susu dan keju.

3. Ovo vegetarian, jenis ini hanya mengkonsumsi telur dari hewani saja, tetapi tidak memakan daging dan produk olahan hewani.

4. Lacto ovo vegetarian, vegetarian jenis ini tidak mengonsumsi semua jenis daging, tetapi tetap mengkonsumsi telur atau susu.

5. Pesco vegetarian, vegetarian jenis ini tidak mengonsumsi daging merah atau daging unggas, tapi tetap mengonsumsi telur, susu, dan daging ikan.

6. Flexitarian, kelas vegetarian yang peraturannya paling longgar. Vegetarian jenis ini masih mengonsumsi daging dan produk olahannya, namun hanya sekali-sekali.

7. Frutarian, vegetarian jenis ini hanya makan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya vitamin E. Para frutarian yakin bahwa buah, biji, dan kacang-kacangan berguna untuk kecantikan kulit dan membuat awet muda.

8. Raw foodist, vegetarian golongan ini hanya mengonsumsi makanan mentah atau yang dimasak dengan suhu rendah atau sekitar 46 derajat, karena proses memasak dapat merusak zat-zat alami dan gizi yang ada dalam makanan. Vegetarian jenis ini makan daging mentah seperti makanan sushi di Jepang, atau gemar makan lalapan sayur mayur mentah seperti di Indonesia.

9. Fluctarian Vegetarian, vegetarian yang bukan saja anti terhadap daging, susu dan telur, tapi juga tidak mau makan lobak dengan alasan tanaman jenis ini langsung mati ketika dipanen/dipetik sehingga dianggap kekejaman bila memanennya.

10. Semi Vegetarian, jenis vegetarian yang tidak mau makan daging berwarna merah, namun masih mau makan daging unggas.

Nah, kalian bisa pilih jenis vegetarian apa yang bisa dijalani dengan juga mempertimbangkan manfaat serta cara yang tepat. Ganti pola hidup vegetarian, yuk!

 

Artikel oleh Hardita Chintia