Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki atau perempuan maupun bagi orang yang belum pernah melakukan pendakian sebelumnya. Ketika berada di puncak gunung, rasa puas atas kerja keras yang dilakukan selama pendakian akan terbayar oleh keindahan pemandangan alam. Namun, sebelum melakukan pendakian ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan bagi para pendaki. Berikut adalah 6 tips mendaki bagi pemula yang dapat dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

 

1.  Perencanaan pendakian

Perencanaan pendakian merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan secara matang. Pemilihan lokasi, rute, waktu, jarak tempuh serta perbekalan yang tepat akan memudahkan Anda dalam melakukan pendakian. Para pendaki juga harus mengetahui informasi-informasi mengenai rute dan lokasi pendakian. Ada baiknya, dalam satu kelompok terdapat minimal satu orang yang sudah pernah melakukan pendakian dan benar-benar menguasai medan pendakian.

2. Perisapan fisik dan mental

 Untuk melakukan pendakian terutama bagi para pemula, perlu ditekankan bahwa Anda harus mempersiapkan fisik dan mental dengan melakukan olahraga dan makan teratur. Olahraga yang tepat sebelum melakukan pendakian adalah jogging dan olahraga kardio. Hal tersebut dilakukan agar badan Anda tidak kaget, tidak mudah lelah serta menghindari cedera ketika pendakian.

3.   Mempersiapkan perlengkapan secara efektif

 Lokasi, rute pendakian dan janka waktu pendakian mempengaruhi perlengkapan yang harus dibawa. Di dalam tas carrier (tas khusus pendaki), biasanya berisi jas hujan, sepatu trekking, jaket, baju, alat penerangan, sleeping bag, perlengkapan masak mini seperti kompor, plastik, kantong, air, alat komunikasi dan obat-obatan.

Untuk memasukkan  peralatan dalam carrier, sebaiknya barang yang paling berat diletakkan di posisi atas sedangkan barang yang lebih ringan di bawah. Hal tersebut harus diperhatikan agar beban terberat berada di pundak bukan di pinggang ketika carrier digunakan. Kesalah dalam packing  dapat membuat pinggang cepat lelah karena menahan beban yang berat.

4.    Mengatur manajeman logistic dan bahan makanan yang cukup

 Makanan merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diatur secara benar ketika mendaki gunung. Bawalah makanan yang ringan, ringkas, dan praktis untuk dimasak namun cukup mengandung kalori. Jangan membawa dan mengonsumsi minuman yang mengandung alcohol, walaupun hangat, menurut ase7adventure, minuman beralkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

5.    Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian

 Banyak pendaki yang menganggap remeh izin mendaki dan melapor pada pos pendakian. Namun, sebelum melakukan dan kembali dari mendaki gunung, Anda harus memiliki izin dari pihak-pihak yang terkait. Anda juga harus mengisi buku tamu dengan menulis lama pendakian, alamat lengkap dan nomer telepon keluarga atau teman yang data dihubungi.

6.    Menjaga dan tidak merusak fasilitas serta alam

Menjaga dan tidak merusak fasilitas serta alam patut dilakukan agar tetap terjaganya keindahan alam yang ada. sebaiknya hindarilah perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keseimbangan alam seperti membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi coret-coret. Dengan menjaga keseimbangan alam, Anda dapat membantu para pendaki lain menikmati keindahan alam tanpa cacat sedikit pun.

Ada baiknya Anda mempersiapkan 6 tips di atas sematang mungkin, pendakian yang dilakukan meskipun bagi pemula dapat terlaksana sesusai dengan harapan dan mampu menghindari dari peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan seperti tersesat, cedera atau kekurangan bahan logistik dan makanan.

Sesampainya di Puncak Gunung Sindoro, Jawa Tengah, berfoto bersama pendaki lain (Photo by: Alvin Hartawan)

Sesampainya di Puncak Gunung Sindoro, Jawa Tengah, berfoto bersama pendaki lain (Photo by: Alvin Hartawan)

Suasana dan kesejukkan di Puncak Gunung Guntur, Garut (Photo by: Alvin Hartawan)

Suasana dan kesejukkan di Puncak Gunung Guntur, Garut (Photo by: Alvin Hartawan)

 

Pagi hari di Puncak Gunung Guntur, Garut (Photo by: Alvin Hartawan)

Pagi hari di Puncak Gunung Guntur, Garut (Photo by: Alvin Hartawan)

Aktivitas mendaki gunung   (sumber: http://intisarionline.com//media/images/5374_mendaki_gunung_tingkatkan_kreativitas.jpg)

Aktivitas mendaki gunung
(sumber: http://intisarionline.com//media/images/5374_mendaki_gunung_tingkatkan_kreativitas.jpg)

Senja dari puncak gunung  (Sumber: http://gispala.files.wordpress.com/2012/01/pendaki-gunung.jpeg)

Senja dari puncak gunung
(Sumber: http://gispala.files.wordpress.com/2012/01/pendaki-gunung.jpeg)

Artikel oleh  Deska Dera Aisah

 

Keywords:

  • pendaki
  • pendaki gunung
  • gambar pendaki gunung