khasiat kulit manggis

khasiat kulit manggis

Picture source by google

Posted by Adinda Putri Aristiani

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Saat ini, kulit manggis banyak di gunakan untuk pengobatan alternatif , serta dimanfaatkan untuk urusan kecantikan.

Manfaat Kulit Manggis memang cukup mencengangkan. Dari yang tampaknya tidak berarti ternyata kulit manggis memiliki manfaat yang banyak sekali, salah satunya adalah untuk kecantikan. Dimana saat ini banyak sekali wanita yang memburu kosmetik demi penampilan mereka walaupun kosmetik yang mereka gunakan memiliki kandungan zat kimia yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah zat Merkuri, apabila digunakan secara terus-menerus akan menyababkan infeksi dan gatal-gatal pada kulit.

Kulit Manggis jika diolah dengan benar maka bisa berfungsi untuk merawat wajah agar tetap cantik. Khasiat kulit manggis dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi jus kulit manggis. Salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit manggis adalah xanthone yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel akan menjadi terhambat. Selain itu ada manfaat buah maggis yang tidak kalah hebatnya dan penting bagi kaum wanita, ternyata buah manggis mencegah munculnya jamur yang ada di kulit yang sering merugikan kita dan manfaat lainnya adalah mencegah adanya serangan radikal bebas terhadap tubuh kita.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat Stibenes yang terdapat di buah manggis. Zat ini juga dapat membantu kita dalam menjaga daya tahan tubuh kita dan memberikan kekuatan kepada kita dalam bentuk energi.

Kulit manggis juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Berdasarkan penelitian, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga anda akan tampak lebih muda. Kulit manggis dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan yang tedapat pada kulit manggis dapat meredakan radang pada kulit seperti jerawat karena di dalam kulit manggis terdapat zat antioksidan.

Itulah beberapa manfaat kulit manggis untuk kecantikan wajah, semoga bermanfaat untuk kita semua.