Bagi para Ibu yang memilik bayi, tindakan cermat dalam memilih botol susu untuk si kecil sangat diperlukan. Karena di pasaran saat ini tersedia beragam jenis model dan bentuk botol susu bayi. Setiap botol yang berbeda bentuk dan ukurannya biasanya akan berbeda pula dengan fungsi dan kegunaanya, serta berdasar usia dan kebutuhan minum si kecil.

Berikut Sharing di Sini Tips memilih botol susu untuk bayi.

  • Belilah botol dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan si kecil, sesuaikan dengan tingkat konsumsi, biasanya berdasarkan usianya.
  • Sebaiknya, pilih botol yang terbuat dari bahan kaca karena lebih awet dan tahan lama, serta proses sterilisasinya lebih mudah. Hanya saja botol berbahan kaca cenderung jarang di pasaran, selain itu cukup berat sehingga kurang nyaman dipegang si kecil.
  • Sebisa mungkin hindari botol dengan banyak gambar karena bisa saja gambar itu terkelupas saat disterilisasi dalam air mendidih. Botol dengan aksesori seperti mainan bisa jadi pilihan, selama botol tersebut tidak menyulitkan saat pemberian susu kepada si kecil.
  • Bayi yang usianya 0 – 3 bulan boleh saja menggunakan botol susu yang dilengkapi dengan regulator, untuk menghindari risiko tersedak dan kembung pada perut bayi.

Sedikit tips untuk para orangtua, sebaiknya saat memberikan botol susu kepada bayi dengan mengawasinya. Hal ini menghindari bayi tersedak. Setelah bayi selesai menyusu dengan botol, sebaiknya segera ambil botol dan simpan. Ini akan menghindari bayi terbiasa bermain dan menggigit-gigit dot pada botol susu. Semakin besar ia tumbuh, pasti akan mahir menggigit dan botol menjadi berlubang lebih besar, INi yang sering membuat bayi tersedak.

Semoga bermanfaat.

Keywords:

  • dot bayi