Sofa menjadi salah satu furniture yang banyak dijumpai pada setiap rumah tangga. Adanya furniture ini memang terbilang sangat multifungsi. Dimana selain bisa digunakan sebagai tempat duduk yang nyaman karena memiliki bantalan busa yang empuk, juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Penempatan furniture yang satu ini juga terbilang sangat fleksibel. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang baca, atau bahkan sudut ruangan rumah. Di pasaran, furniture ini pun terbilang mudah dijumpai, baik dalam kondisi baru atau second. Bahkan ada juga jasa perbaikan sofa upholstery Singapore jika bahan pelapis sofa Anda mengalami kerusakan.

sofa upholstery singapore zmivins

Sofa yang rusak memang terbilang wajar karena memang digunakan sehari-hari. Namun yang menjadi tidak wajar jika sofa rusak terlalu cepat dari perkiraan. Memang kini ada jasa perbaikan sofa upholstery Singapore dari zmivins.sg yang mampu menyulap sofa rusak menjadi terlihat baru lagi jika bahan pelapisnya mengalami kerusakan. Namun ada baiknya jika melakukan perawatan dengan baik agar sofa lebih awet dan tahan lama. Karena ternyata, dari banyak kasus yang terjadi untuk kerusakan sofa lebih banyak disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan saat menggunakannya. Oleh karena itu, bagi yang memiliki sofa, sebaiknya simak baik-baik apa saja yang kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar bisa melakukan upaya pencegahan:

reparasi sofa

1.Duduk di sisi yang sama terus-menerus.

Duduk di sisi yang sama terus-menerus dikatakan bisa merusak sofa, karena tekanan atau beban di satu titik terus-menerus akan membuat daya pegas dan serat pada sofa cepat mengendur dan rusak. Oleh karena itu, seimbangkan dengan sering berpindah posisi duduk atau tatanan saat menggunakan sofa.

2 .Tidur di sofa berulang kali.

Sofa memang terkadang digunakan untuk tidur-tiduran yang nyaman. Namun ternyata, furniture ini didesain bukan untuk kebutuhan tersebut. Kebiasaan tidur di sofa selain tidak bagus untuk tubuh, juga bisa merusak sofa dan menyebabkan cepat kendur jika dilakukan dalam jangka panjang. Jika kebiasaan ini sulit dihilangkan, sebaiknya Anda mengganti sofa standar menjadi daybed saja agar lebih multifungsi karena bisa digunakan untuk tempat tidur juga.

3. Duduk di lengan sofa.

Dudukan sofa memang dirancang agar mampu menahan berat tubuh pengguna. Namun tidak demikian untuk bagian lengan sofa. Karena jika Anda tetap menduduki lengan sofa, maka bisa menyebabkan sambungannya longgar atau bahkan membuat kayu penyangga patah.

4. Malas membersihkan sofa secara rutin.

Sofa yang jarang dibersihkan akan membuatnya berbau tidak sedap, tidak nyaman di kulit, serta bisa mengundang serangga. Kondisi ini juga bisa menyebabkan bahannya menjadi mudah rusak. Oleh karena itu, bersihkan sofa secara rutin dengan menggunakan lap, kemoceng, sikat, atau mesin penghisap debu. 

5.Tidak langsung menyeka noda yang menempel pada sofa.

Noda sekecil apapun yang menempel pada sofa dan tidak segera dibersihkan bisa meresap ke kain pelapis sofa dan membekas secara permanen. Hal ini membuat bahan sofa menjadi tidak awet dan terlihat kurang menarik. Oleh karena itu, jika saat sedang makan sambil duduk di atas sofa dan menjatuhkan noda setitik pun, segeralah untuk membersihkannya.

6.Membiarkan sofa terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Menjemur sofa di bawah sinar matahari biasanya kerap dilakukan agar sofa tidak bau apek. Namun hindari membiarkan sofa terkena paparan sinar matahari terlalu sering karena bisa menyebabkan bahan semakin rapuh dan warnanya memudar. Maka dari itu, hindari menaruh sofa di tempat dengan paparan sinar matahari langsung. 

7.Membiarkan hewan peliharaan menggigit atau mencakar permukaan sofa.

Hewan peliharaan yang bisa mencakar, seperti kucing, anjing, dll memang perlu diperhatikan karena berpotensi mencakar atau menggigit sofa yang membuat kain pelapisnya rusak dan kayu bolong terkoyak. Agar tidak terjadi sebaiknya pantau hewan peliharaan Anda dengan baik-baik. Dan jika kecolongan, ada baiknya melakukan perbaikan sofa di salah satu layanan jasa terbaik untuk sofa upholstery Singapore, yaitu zmivins.sg