Pilih pinjaman dana tunai cepat – Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan tabungan untuk dana mendadak di luar pengeluaran pokok memang penting dimiliki sebuah keluarga atau bahkan seorang individu. Kita tahu, bahwa hidup tidak selamanya lurus-lurus saja. Kadang, ada saat di mana jalan kehidupan yang kita lalui sampai pada jurang dan persimpangan. Saat seperti inilah keadaan mendesak dan tak terduga terjadi yang membuat kita mengeluarkan dana dadakan di luar pengeloaran pokok rumah tangga. Misalnya, anak yang tiba-tiba sakit, rumah kebanjiran, dan sebagainya.

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah mempersiapkan tabungan untuk hal ini. Namun, banyak juga ditemui, mereka yang belum siap akan dana mendadak semacam ini. Apalagi, jika dana yang dibutuhkan sangat besar jumlahnya. Pada akhirnya, mereka merasa kebingungan saat membutuhkan pinjaman dan dana tunai untuk menutupi kebutuhan dana mendadak.

Selain karena pendapatan yang memang kurang, mereka seringkali tidak mengetahui tempat pinjaman dana tunai yang cepat untuk kebutuhan mendadak nan mendesak. Akhirnya, yang terjadi adalah mereka melakukan cara-cara lama dan tradisional yang cukup merugikan, seperti terpaksa menjual aset. Padahal, kini ada cukup banyak cara untuk mendapatkan pinjaman dana yang bisa cair secara cepat. Simak ulasan singkat kami berikut.

pinjaman dana tunai cekaja saja

6 Cara Pinjaman Dana Tunai Cepat

Anda yang terlanjur belum memilki dana darurat, jangan dulu terburu-buru menjual aset yang dimiliki. Apalagi jika aset tersebut adalah aset Anda satu-satunya. Melakukan pinjaman dana seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisa mejadi jalan ke luar terbaik. Nah, berikut ini kami berikan beberapa cara pinjaman dana tunai cepat cair yang tentunya positif.

  • Pinjam dana pada orang terdekat

Cara ini juga merupakan cara pinjaman dana tradisional yang biasa dilakukan banyak orang. Meminjam dana pada sanak saudara atau teman yang akrab memang memiliki peluang cukup besar untuk mendapatkan dana, tanpa bunga pula. Jika Anda mampu mendapatkan dana cepat dengan cara ini, pasti juga akan menguntungkan Anda dalam pengasurannya. Namun, Anda harus mencari orang yang betul-betul dekat dan percaya dengan Anda. Jika tidak, sulit rasanya mendapatkan pinjaman dalam jumlah banyak dengan cara ini.

  • Mencairkan dana koperasi

Jika Anda seorang pekerja yang sudah lama mengabdi pada perusahaan, Anda bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mendapatkan pinjaman dana tunai cepat cair. Sebab, syarat meminjamnya adalah Anda harus menjadi anggota koperasi tesebut. Orang lain di luar anggota koperasi, biasanya tidak diperkenankan melakukan pinjaman. Syarat pinjam dana koperasi biasanya mudah, tetapi hanya bisa meminjam dalam jumlah yang relatif kecil.

  • Kartu kredit

Cara yang satu ini hanya bisa dilakukan khusus para pemegang kartu kredit. Anda bisa menggunakannya ketika benar-benar terdesak, meski Anda tidak perlu melakukan pengajuan permohonan dan mengurus administrasi yang rumit. Uang yang bisa dipinjam kemungkinan tidak terlalu besar, yaitu hanya sebatas limit kartu kredit.

  • Menggadaikan barang

Jika Anda memiliki barang yang bisa digadaikan, ini bisa menjadi pilihan alternatif ke sekian. Dengan proses yang cepat, Anda bisa langsung mendapatkan dana sesuai dengan nilai barang yang Anda gadaikan. Dengan menggadaikan barang atau aset, Anda tidak akan kehilangan barang milik Anda ini. Dengan kata lain, Anda hanya menitipkan barang pada pihak penyelenggara gadai dan bisa diambil kembali saat Anda mampu menebus barang tersebut.

  • Pinjam uang bank

Cara berikut ini bisa menjadi salah satu opsi mendapatkan dana cepat. Bank sebagai lembaga keuangan yang legal, memang memberikan program khusus pinjaman untuk siapa saja yang bisa memenuhi syarat pinjaman. Ragam jenis krdit bisa Anda dapatkan dari lembaga keuangan yang satu ini. Anda bisa memilihnya yang paling sesuai dengan kondisi finansial Anda. Sayangnya, bank dinilai memiliki proses yang lama dalam hal pinjam-meminjam. Hal ini karena Anda harus melalui sejumlah tahapan prosedur panjang dan verifikasi yang cukup ribet. Selain proses yang panjang dan lama, angsuran yang perlu Anda kembalikan nantinya cukup tinggi, karena dibebani bunga yang cukup tinggi dengan tenor yang diatur oleh lembaga keuangan ini.

  • Pinjam dana online

Selain melakukan pinjaman dana tunai melalui bank secara konvensional, kini sudah ada yang namanya pinjaman dana online. Seiring dengan perkembangan teknologi yang serba online dan digital, melakukan pinjaman juga kini bisa dilakukan secara online. Bahkan, melakukan pinjaman secara online lebih menguntungkan para peminjam, lantaran efisien dan dana pinjaman cepat cair. Selain itu, peminjam dapat membandingkan sendiri, mana yang menawarkan pinjaman dengan bunga paling rendah atau tenor yang panjang. Setelahnya, peminjam hanya tinggal mengikuti panduan yang sudah tertera sangat jelas. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen, seperti KTP dan NPWP.

Mempertimbangkan tempat meminjam dana memang perlu tricky, serta perlu mengetahui lebih dan kurang sebelum memutuskannya. Sebagai pihak peminjam dana, jika Anda memutuskan untuk meminjam dana oleh lembaga keuangan, Anda perlu memeriksa perizinannya. Setidaknya, izin dari OJK harus dikantongi lembaga pinjaman. Dalam hal ini, CekAja.com selaku marketplace penyedia produk keuangan telah memenuhi syarat tersebut. Jadi, sudah terbukti legalitas dan kualitasnya.