Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat membutuhkan perhatian khusus, sangat berbeda dengan anak yang terlahir dengan bobot badan normal.

Kelahiran seorang anak merupakan anugerah terindah yang sangat dinantikan oleh orangtua di dunia ini. apalagi bila anak terlahir dengan sehat dan sempurna, kebahagiaan tiada tara akan dirasakan. Namun, bagaimana  bila anak terlahir premature? Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat membutuhkan perhatian khusus, sangat berbeda dengan anak yang terlahir dengan bobot badan normal.

Pertumbuhan dan perkembangan anak

Tumbuh kembang anak prematur tidak sama dengan anak yang lahir normal, dibutuhkan perhatian khusus agar stimulasi perkembangan mereka dapat tumbuh dengan baik. Dimana kerja sama Mums dan suami, serta lingkungan dibutuhkan agar tumbuh kembang anak dapat berkembang dengan sangat baik.

Adapun pertumbuhan dan perkembangan anak yang harus Mums perhatikan adalah:

  • Perkembangan Kognitif

Pada masa ini, pendengaran anak lebih berkembang dibandingkan dengan penglihatannya (namun keduanya akan tetap berkembang seiring dengan waktu) dan anak pun mulai mengenali suara Mums. Berbicaralah dengan si kecil dengan suara yang tenang, karena akan membuat anak nyaman dan ini merupakan waktu yang tepat agar lebih dekat dengan anak. Karena pada kenyataannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak prematur secara khusus lebih memilih suara orangtuanya yang sudah familiar, dibandingkan dengan suara-suara asing lainnya. Oleh sebab itu, ajak anak berbicara sesering mungkin dan nikmatilah momen ini.

  • Perkembangan Motorik

Tidak berbeda dengan bayi seusia si anak saat ini, ia sudah mulai meregangkan tubuhnya, menguap, bersin, cegukan, tersenyum, dan menggerakkan tangan dan kakinya. Bahkan terkadang menghisap ibu jarinya. Mums tidak perlu khawatir, tubuh anak yang  terkesan masih lemah dan terlalu lentur, itu karena otot-otot si kecil sedang terus berkembang untuk mengejar ketertinggalannya dari bayi lainnya. Beberapa hal lainnya adalah gesture si kecil saat tidur, yang tak jarang membuat Mums khawatir. Tapi Mums jangan khawatir karena si kecil masih nyaman dengan gaya tidurnya tersebut karena gesture tersebut adalah gaya si kecil saat masih dalam rahim.

  • Perkembangan Komunikasi

Pada perkembangan yang satu ini, anak akan lebih rewel. Mums harus perhatikan sinyal-sinyal yang menunjukkan bahwa si kecil akan menangis, seperti meringis, menggeliat, nafas yang bertambah cepat, bibir bergetar, tangan yang memukul-mukul, sehingga Mums dapat merespon dengan cepat dan membuatnya merasa nyaman.

  • Perkembangan Sosial

Saat Mums menyentuh tangan si kecil akan merasa tenang, karena saat ia digendong dan diayun, dibungkus dengan selimut hangat, dibedong, atau hanya dengan sentuhan yang lembut akan membuatnya nyaman.

Demikianlah pertumbuhan dan perkembangan anak premature yang dapat Mums jadikan referensi, semoga membantu dan memberikan manfaat.