Kertas tentunya adalah salah satu bahan yang paling penting untuk percetakan. Maka dari itu memilih kertas yang tepat akan sangat berpengaruh untuk hasil cetak anda. Namun, tidak selalu anda bisa mendapatkan hasil cetak dengan kualitas tinggi walaupun anda menggunakan kertas yang paling mahal dengan kualitas yang bagus. Hal itu dikarenakan setiap kertas memiliki jenis yang berbeda untuk fungsi yang berbeda pula. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk mencetak, anda dapat mencari tahu terlebih dahulu jenis kertas apa yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan cetak anda.

Hari ini, kami akan menjelaskan empat faktor penting yang akan menentukan kualitas cetak anda. Yaitu bagaimana cara memilih kertas yang tepat untuk kebutuhan cetak anda.

1. Personal brand
Sebelum anda memutuskan tipe kertas apa dan desain seperti apa yang andaa ingin cetak, pertama anda harus mendefiniskan terlebih dahulu image dari brand anda, positioning, dan juga target pelanggan anda. Hal itu ditujukan untuk menolong anda mensortir dan memilih jenis kertas apa yang paling tepat untuk kebutuhan cetak anda. Contoh, apabila anda ingin mempromosikan bisnis restoran anda pada liburan natal dan tahun baru, anda dapat menggunakan jenis kertas 85 g, yaitu jenis kertas yang paling ringan dan murah, namun dilapiskan dengan laminasi agar tahan air mengingat akhir tahun merupakan musim hujan, maka pastikan flyer anda tidak akan langsung basah ketika anda membagikannya di luar ruangan.

2. Ketebalan kertas
Faktor kedua yang harus anda pertimbangkan adalah ketebalan kertas. Anda sedang berfikir kertas setebal apa yang cocok untuk kebutuhan cetak anda? Ketebalan kertas berkaitan dengan berat dari kertas anda. Contohnya, kertas dengan ukuran 300 g tentunya akan lebih berat dari kertas berukuran 260 g. Kertas dengan ketebalan standar akan meningkatkan kualitas cetak dengan menghasilkan warna yang lebih terang dan berkualitas. Warna yang dihasilkan akan lebih tajam, detail yang dihasilkan juga tinggi, dan tidak akan buram. Kualitas cetak seperti ini akan membantu anda membangun brand image bisnis anda. Contohnya, ketika anda menggunakan kartu nama menggunakan kertas standar premium (dengan ketebalan yang sesuai) maka para pelanggan akan percaya bahwa bisnis anda adalah bisnis yang akan loyal kepada pelanggan dan memperhatikan kepuasan pelanggan. Kartu nama dapat menjadi representatif dari image brand anda yang profesional dan terpercaya.

3. Berat kertas
Setelah membahas tentang ketebalan kertas, maka kita juga harus membahas tentang berat kertas. Percetakan yang menggunakan kertas ringan dan tipis akan membuat brand image yang kurang bagus untuk perusahaan. Para pelanggan akan berfikir bahwa anda tidak akan royal kepada para pelanggan karena produk cetak yang anda gunakan tidak premium atau berkualitas tinggi. Maka dari itu, anda tetap harus memilih kualitas yang tepat untuk beberapa produk cetak anda.

4. Laminasi Matte atau Glossy
Glossy atau mengkilap dan matte (doff) adalah salah satu fitur untuk kertas. Hal ini merupakan sesuatu yang sudah sangat akrab ditelinga banyak orang, seperti sebutan “kertas glossy” atau “kertas matte”. Kertas glossy memiliki permukaan yang dilapisi bahan kimia yang menghasilkan tekstur yang seragam, halus, relflektif dan mudah untuk menyerap tinta dan akan menonjolkan gambar yang ada pada kertas. Keuntungan dari kertas glossy adalah kilauan dan tajamnya gambar yang dihasilkan. Untuk kertas matte atau doff, keuntungannya adalah gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih halus dibandingkan kertas glossy, tone -nya juga akan terlihat lebih halus dan permukannya tidak reflektif. Kedua tipe kertas ini dapat digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Maka dari itu sebelum andan memilih tipe kertas, anda harus mengetahui dulu kesan apa dan tujuan yang ingin ada sampaikan dari penggunaan produk cetak tersebut.

Itu dia empat faktor penting dalam memilih jenis kertas untuk kebutuhan cetak anda. Setelah
anda mengetahui faktor-faktor diatas, memilih jenis kertas yang sesuai dengan kebutuhan cetak
anda tidak akan terasa sulit.