Jalan-jalan ke luar Negeri gak harus selalu jauh! Karena kita bisa mulai dari menjelajahi Negara-Negara tetangga kita di Asia Tenggara, misalnya Filipina. Filipina merupakan salah satu Negara tersibuk yang ada di Dunia, dan katanya Ibu Kota Filipina yaitu Manila merupakan kota termacet nomor 1 di Asia Tenggara, lho! tapi meskipun begitu, Manila masih menyimpan begitu banyak pesona wisata yang sayang sekali kalau di lewatkan. Hal yang menguntungkan ketika kita berlilbur ke Filipina adalah banyak sekali promo tiket pesawat murah dari berbagai maskapai, jadi keluar Negeri gak harus bayar mahal, kan! ini dia beberapa tempat di Manila yang tidak boleh kalian lewatkan, check this out:

  1. Benteng Santiago

Merupakan salah satu tempat wisata yang menyimpan begitu banyak sejarah akan kota Manila. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Spanyol yang mirip dengan Benteng yang ada di Kota Yogyakarta yang bernama Benteng Vredeburg. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat penahanan Jose Rizal yang merupakan pahlawan Nasional Filipina. Selain bisa berkeliling dan menikmati suasana bangunan tua, kalian juga bisa menyaksikan sebuah pertunjukan teater yang diadakan di sebuah studio terbuka, lho!

  1. Musem Casa Manila

Musem Casa Manila

Museum ini memiliki arsitektur zaman kolonial Spanyol, karena memang Filipina merupakan salah satu negara jajahan Spanyol. Museum Casa Manila terbagi menjadi dua bagian bangunan yaitu bangunan yang terbuat dari batu di bagian bawah dan bagian atas yang terbuat dari kayu. Konon katanya, Museum ini dibangun pada tahun 1850 oleh salah satu penduduk pertama di desa Intramuros yang bernama Barrio San Luis. Selain itu, Museum ini juga letaknya sangat berdekatan dengan beberapa tempat wisata lain seperti bangungan gereja San Agustin salah satunya, jadi kalian bisa sekalian berkunjung ke tempat lainnya, kan!

  1. Gereja San Agustin

Merupakan Gereja Batu tertua yang ada di Manila, Gereja ini dibangun pada tahun 1589 dan memiliki gaya khas Roma Italia. Beberapa tahun lalu, Gereja ini sempat tertimpa musibah Gempa Bumi dan Kebakaran, namun meskipun begitu Bangunan Gereja tetap kokoh berdiri sampai dengan saat ini. Yang menjadi menarik dari Gereja ini adalah lukisan yang ada di langit-langitnya, karena lukisan tersebut dilukis langsung oleh seniman asal Italia yang bernama Giovani Dibela dan Cesare Alberoni pada tahun 1800-an.

  1. Pasar Divisoria

Merupakan Pasar termurah yang ada di Manila, tidak heran banyak dari para wisatawan yang menyempatkan diri datang ke Pasar ini untuk sekedar membeli oleh-oleh. Meskipun di klaim sebagai pasar yang murah, tapi sistem penentuan harga disini sama seperti di Pasar Tanah Abang ataupun Mangga Dua yang memang harganya bukan merupakan harga pas, jadi kalau kalian mau belanja kesini, kalian harus pintar-pintar menawar, ya!

Nah, itu dia 4 tempat di Manila Filipina yang bisa kalian sambangi ketika kalian berlibur, dan pastikan untuk mengabadikan seluruh momen perjalanan kalian dalam sebuah foto, ya!