Hemat. Satu kegiatan sederhana yang jarang bisa dilakukan banyak orang. Faktior penghalangnya beragam, mulai dari kurang memiliki niat, tidak mempunyai target, dan masih banyak lagi. Walaupun begitu, hal ini tetap menjadi resolusi semua orang, terutama saat akan pergantian tahun. Nah berikut adalah tips berhemat yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin sukses menghemat pengeluaranmu.

 

  1. Buatlah daftar belanja

Sebelum berbelanja kebutuhan sehari-hari, biasakan untuk membuat daftar belanja. Tujuannya supaya kamu hanya membeli barang-barang yang diperlukan saja dan terhindar dari membeli barang yang tidak terlalu penting. Harus diingat, bahwa daftar belanjamu adalah rencana kamu yang mutlak dan tidak boleh dilanggar kecuali memang sangat mendesak. Jika daftar belanjamu sudah terpenuhi, kamu bisa langsung membayar apa yang ingin kamu beli tanpa iseng melihat barang-barang lain.

 

  1. Bandingkan harga

Biasanya, jika kita ke pusat perbelanjaan, kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan merek dan harga. Jika kamu sedang di situasi ini, cobalah untuk bersabar dan bandingkan harga barang satu per satu. Jangat terlalu terburu-buru untuk menentukan barang mana yang akan kamu beli. Bisa saja jika kamu meluangkan waktu untuk membandingkannya, kamu akan menemukan harga yang jauh lebih murah dan ini bisa sangat menghemat uangmu.

 

  1. Jangan sepelekan uang kembalian

Banyak dari kita yang tidak suka mengumpulkan uang kembalian, apalagi uang logam, dengan alasan yang bermacam-macam. Misalnya, karena berat, repot, bahkan ada yang beralasan malu untuk membayar dengan uang kecil. Manfaat dari uang logam padahal banyak sekali, lho. Kamu bisa membayar dengan uang pas, menjadikannya sebagai latihan menabung untuk anak kecil, membayar parkir, dan masih banyak lagi.

 

  1. Gunakan aplikasi pemberi cashback

Biasanya, makan di luar membuat kamu lebih cepat menghabiskan uang.  Namun, jika kamu adalah orang yang sering makan di restoran/cafe, kamu bisa, lho, tetap berhemat. Caranya kamu bisa pakai aplikasi yang memberikan kamu cashback tanpa syarat. Memangnya ada? Sekarang ada Cashbac, yaitu aplikasi yang bisa kamu download di telepon genggam kamu untuk bisa lebih hemat. Kamu hanya perlu untuk download dan daftarkan kartu debit/kredit kamu di aplikasi tersebut. Setelah itu kamu bisa membayar dengan mentap telepoin genggam di mesin yang sudah disediakan. Kalau kamu mau tahu tentang aplikasi ini lebih lanjut, kamu bisa baca di sini.

 

Nah, itu lah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin berhemat ala ibu rumah tangga. Semua ini bisa dilakukan asal kamu mempunyai komitmen dan niat yang tinggi untuk mulai berhemat. Kalau begitu. Di antara beberapa tips di atas, mana yang paling cocok buatmu?

 

Penulis: Annisa Zahrina

Instagram: @annisachaniago

Kalau kamu mau tahu tentang aplikasi ini lebih lanjut, kamu bisa baca di sini.

Gambar: Sumber: pixabay.com