Memiliki Kendaraan Pribadi, Perlu Tidak Ya?

Sebagai manusia yang menjalankan banyak aktivitas setiap harinya, kendaraan menjadi salah satu temuan yang sangat membantu. Dengan adanya kendaraan, kita dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat dibandingkan dengan jalan kaki. Dengan menggunakan kendaraan, kita juga dapat dengan mudah membawa banyak barang dalam satu waktu. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal menguntungkan dan mempercepat segala hal yang berkaitan dan mobilisasi baik mobilisasi manusia maupun aneka macam barang. Ada banyak jenis kendaraan yang berkembang dari satu masa ke masa lainnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kendaraan kini dapat mengarungi samudera, terbang di angkasa, dan menjelajah daratan dengan teknologi mesin yang dibuat manusia.

Saat ini, kendaraan dapat dengan mudah kita jumpai dan kita miliki. Salah satu jenis kendaraan yang banyak dibutuhkan manusia adalah mobil dan sepeda motor. Masalahnya, perlukan kita memiliki kendaraan pribadi untuk melakukan mobilitas kita sendiri. Di kota besar, kita sudah mengetahui bahwa banyaknya kendaraan pribadi menjadi penyebab utama terjadinya kemacetan. Perluasan jalan raya yang dilakukan tidak pernah dapat menguraikan kemacetan karena angka kepemilikan kendaraan bermotor semakin meningkat setiap tahunnya. Ketersediaan transportasi umum kini sudah semakin dibenahi dan semakin nyaman, oleh sebab itu, jika kita ingin memiliki kendaraan pribadi, kita harus memikirkan baik-baik apakah hal tersebut benar-benar diperlukan atau tidak.

Kelebihan Memiliki Kendaraan Pribadi

Banyaknya orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi tentunya dipengaruhi oleh beberapa kelebihan yang ditawarkan jika kita memiliki kendaraan pribadi. Adapun kelebihan memiliki kendaraan pribadi yang dapat dirasakan banyak orang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kemudahan

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, memiliki kendaraan pribadi akan sangat memudahkan Anda. Anda dapat pergi sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan Anda dan melewati jalan yang Anda inginkan setiap saat. Jika Anda mengandalkan angkutan umum, hal tersebut tentunya akan sulit dilakukan. Hal ini juga akan sangat berguna jika kita pulang sudah lewat larut malam saat kendaraan umum sudah tidak beroperasi lagi. Hal ini membuat Anda tidak melakukan pemborosan dengan menaiki taksi dengan tarif yang cukup mahal. Memiliki kendaraan pribadi dapat membuat kita lebih bebas kaitannya dengan melakukan perjalanan ke banyak tempat dalam waktu sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Jangkauan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketersediaan kendaraan umum terutama di Indonesia masih terbatas. Sistem kendaraan umum memang terus dibenahi di berbagai wilayah di Indonesia. Ada banyak kota besar yang sudah mulai menerapkan sistem kendaraan umum yang terstruktur dan memudahkan penumpang. Namun, pemerataan ketersediaan kendaraan umum terutama di indonesia tentunya tidak dapat dilakukan secara instant. Hal ini yang menyebabkan memiliki kendaraan pribadi menjadi hal yang sangat menguntungkan. Kita dapat lebih leluasa bergerak dan menjangkau banyak daerah yang bahkan belum dilalui transportasi umum dengan mudah dan cepat.

  1. Efisien

Menggunakan kendaraan pribadi kerap dianggap sebagai cara yang lebih efisien dalam menjangkau banyak tempat. Jika kita memiliki mobil misalnya, kita dapat mengangkut satu keluarga secara langsung dalam satu kali jalan. Biaya bahan bakar akan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti alat transportasi. Waktu yang dibutuhkan pun akan semakin singkat sehingga memiliki kendaraan pribadi kerap dianggap sebagai hal yang lebih efisien.

Itu tadi kelebihan memiliki kendaraan pribadi. Secara garis besar, memiliki kendaraan pribadi tersebut dapat membuat Anda lebih mudah, cepat, dan efisien dalam menjangkau daerah terutama daerah yang masih belum terjangkau sara transportasi umum yang memadai.

Kekurangan Memiliki Kendaraan Pribadi

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang akan didapatkan jika memiliki kendaraan pribadi. Adapun beberapa kekurangan yang akan dirasakan pemilik kendaraan pribadi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lahan parkir

Kekurangan yang pertama adalah masalah lahan parkir. Bagi banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi terutama mobil, sangat penting bagi mereka untuk memiliki lahan parkir di rumah yang tidak mengganggu lalu lintas jalan dekat rumah. Hal ini tidak jadi masalah jika kita memiliki lahan yang cukup luas. Jika tidak, maka hal tersebut akan sangat menyulitkan. Selain lahan parkir yang ada di rumah, kita juga akan kesulitan memarkirkan kendaraan di berbagai jalan ramai dan padat. Hal ini karena ada banyak pemilik kendaraan pribadi yang sama-sama membutuhkan lahan parkir.

  1. Biaya parkir

Selain masalah tempat parkir, ada satu masalah lain yang mengikuti, yaitu masalah biaya parkir. Setiap kali kita memarkirkan kendaraan, kita akan dikenakan biaya parkir tertentu. Ada beberapa tempat parkir yang memberikan biaya bertingkat. Semakin lama biaya parkir akan semakin meningkat. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang merugikan.

  1. Macet

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, penyebab utama kemacetan adalah jumlah kendaraan itu sendiri. Semakin banyak kendaraan yang memadati jalan, maka akan semakin tinggi pula potensi kemacetan yang ada. Kemacetan dapat terjadi terutama karena penumpukan kendaraan di persimpangan dengan atau tampa lampu merah. Hal ini sering kali terjadi di sangat banyak wilayah di berbagai kota di Indonesia.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Dari banyaknya kelebihan dan kekurangan, Anda dapat belajar untuk mengambil keputusan yang tepat. Apakah Anda akan membeli kendaraan pribadi ataupun tidak. Jika Anda memang berniat membeli kendaraan pribadi, Anda perlu menyiapkan anggaran yang sesuai. Jika Anda membutuhkan tambahan anggaran, Anda dapat menggunakan kredit uang cepat yang dapat dengan mudah ditemukan melalui berbagai informasi. Jika Anda butuh pinjaman dana pribadi untuk alasan membeli kendaraan, Anda dapa mempercayakan nya pada perusahaan peminjaman uang terpercaya. Nah, selesai dengan biaya. Untuk memilih kendaraan pribadi apa yang tepat bagi Anda, Anda dapat mempertimbangkan 3 hal berikut.

  1. Jangkauan wilayah

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah luas wilayah yang ingin Anda jangkau. Jika Anda ingin menjangkau sampai ke daerah terdalam dan terpencil dengan jalan yang masih belum aspal misalnya, Anda dapat  memilih kendaraan yang tahan melewati medan berat.

  1. Kondisi jalan

Kondisi jalan juga sangat memengaruhi. Anda dapat memilih city car yang memiliki bentuk mungil untuk jalanan datar dan halus seperti jalanan di pusat perkotaan. Anda dapat memilih sepeda motor untuk menjangkau daerah terdalam.

  1. Ketersediaan anggaran

Anggaran juga sangat mempengaruhi. Jika anggaran pas-pasan misalnya, Anda bisa membeli kendaraan second hand yang masih memiliki kondisi baik dengan harga yang lebih terjangkau.

Itu tadi pembahasan mengenai kendaraan pribadi baik kelebihan dan kekurangannya serta apa saja yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli kendaraan pribadi. Memiliki kendaraan sendiri mungkin sangat dibutuhkan bagi sebagian orang dan tidak dibutuhkan untuk orang lainnya. Memikirkan dengan baik mengenai keputusan pembelian kendaraan pribadi menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan agar Anda tidak rugi nantinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.