Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena secara berlebihan. Dapat disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya membekas didalam kesadarannya. Hal ini akan berdampkak pada emosi seseorang. Banyak hal yang menjadi sumber penyebab phobia, Seperti takut kepada hewan, takut kegelapan, maupun takut pada ketinggian. Berikut beberapa phobia yang melekat pada diri seseorang.

 

  1. PHILOPHOBIA

Penderita Philophobia mengalami ketakutan jatuh cinta, dan juga takut dicintai. Mereka juga takut untuk berkomitmen, alasannya karena mereka pernah mengalami sejarah percintaan yang buruk, dan masalalu yang tidak menyenangkan.

 

  1. CATOPTROPHOBIA

Penderita phobia ini memiliki ketakutan terhadap cermin, mereka memiliki bayangan-bayangan yang menakutkan ketika melihat cermin. Ia merasa takut karena merasa nasib buruk akan menimpanya ketika mereka melihat cermin, dan juga merasakan ketakutan ia akan terhidap dan terkurung didalam cermin.

 

  1. POGONOPHOBIA

 

Beberapa dari perempuan menyukai ketika melihat laki-laki berjenggot karena akan terksean seksi. Namun hal itu sangat berbeda dengan penderita phobia ini. Mereka akan merasa ketakutan berlebihan ketika melihat pria berjenggot.

 

 

  1. MAGEIROCOPHOBIA

 

Ketakutan berlebihan yang menyerang penderitanya yang membuat orang merasa takut berlebihan terhadap akitivas memasak. Di beberapa kasus bahkan ia tidak bisa memasak makanan sederhana seperti roti bakar atau telur goreng.

 

  1. GLOBOPHOBIA

Kalau anak kecil sangat menyukai balon dengan berbagai warna, namun penderita phobia ini sangat merasa takut terhadap balon, ia akan lebih ketakutan apabila seseorang menggosokan balon ke rambut ataupun badannya.

 

 

  1. KOUMPOUNOPHOBIA 

 

Pengidap phobia ini akan merasa ketakutan bila melihat atau menyentuh kancing yang ditata berkelompok. Phobia-nya ini membuatnya memilih menggunakan baju yang tidak menggunakan kancing.

 

  1. GAMOPHOBIA

Banyak orang yang mengimpikan sebuah acara pernikahan mewah dengan pasangannya. Namun, pada penderita phobia ini mereka mengalami ketakutan untuk menikah, mereka tidak mau berkomitmen untuk menikah walaupun telah lama berpacaran.

 

Penulis : Devia Roselina