Kali ini saya akan membahas makan – makanan unik yang ada di Indonesia. Yang kita ketahui banyak makanan unik di negara negara lain seperti di Jepang ikan salmon yang dimakan hidup hidup, lalu gurita yang di sajikan dengan keadaan hidup, dan masih banyak lagi makan – makanan unik dan extrem lainnya. Tapi kali ini saya akan membahas makanan unik dan extrem yang ada di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke banyak terdapat makan – makanan yang terbilang aneh, antara lain :

 

1.Sate Kalong Cirebon

sate kalong cirebon

Kalong yang berarti kelelawar, bukan berarti ini adalah penjual sate kelelawar. Sate kalong itu sebenarnya menggunakan daging Kerbau. Tentunya sate menggunakan daging kerbau.
Sate kalong ini cuma ada 2 macam, yaitu : Rasa Asin dan Rasa Manis.
Rasa asin itu diambil dari kikil nya kerbau, sedangkan yang rasa manis itu diambil dari daging kerbau nya. Sate kalong ini makin terasa nikmatnya dimakan dengan campuran bumbu kacang dan sambalnya.

 

2.Sate Lalat Sambal Kacang Khas Madura

sate lalat sambal kacang khas madura

Sate lalat tentunya tidak terbuat dari lalat, melainkan potongan dagingnya saja yang kecil-kecil sehingga menyerupai lalat. Dalam 1 tusuk sate hanya terdapat 3 hingga 5 potong daging. Bumbu yang digunakan untuk memperlezat rasa sate lalat ini adalah bumbu kacang yang dicampur kecap dan sambal. Sate lalat ini dikembangkan dan dipopulerkan oleh orang Pamekasan sekitar 25 tahun lalu dan masih ada hingga sekarang. Hal yang membedakan sate lalat dengan sate yang lain terletak pada sajiannya yang lebih gurih dan nikmat. Porsinya kelihatannya lebih banyak dari sate-sate biasa karena per porsi 20-25 tusuk sedangkan sate biasa perporsinya hanya 10 tusuk. Selain ukuran daging dalam tusukan sate, proses pembuatan bumbu sate lalat, sedikit berbeda. Sate lalat tidak menggunakan kacang goreng, tapi menggunakan kacang yang terlebih dahulu disangar (disangrai) lalu di masak dengan air setelah itu di haluskan.

 

3.Nasi Kentut khas Medan

nasi kentut khas medan

Nasi kentut makanan khas Medan ini adalah nasi yang bertekstur pulen yang disertai rempah-rempah yang dibungkus menggunakan daun dengan aroma dan cita rasa yang menggugah selera. Nasi ini dilengkapi dengan berbagai macam lauk seperti ikan, ayam goreng dan sebagainya. Dikatakan nasi kentut karena makanan ini ini dibungkus dengan daun berwarna hijau dengan wangi yang sedap, daun tersebut adalah daun kentut. Daun kentut mempunyai khasiat yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti  perut kembung, sakit kuning, sakit pada luka dan sebagainya.

 

4.Botok Tawon Khas Banyuwangi

botok tawon khas banyuwangi

Tawon atau lebah biasanya diambil madunya, namun di Banyuwangi ada kuliner yang memanfaatkan rumah atau sarang tawon untuk diolah menjadi masakan yang lezat dan gurih. Orang Banyuwangi menyebutnya Botok Tawon. Meskipun tidak terlalu populer tapi penikmat Botok Tawon cukup banyak. Namun sayangnya, tidak mudah mendapatkan Botok Tawon, karena memang tidak mudah mendapatkan bahan bakunya, yaitu sarang tawon. Hanya di beberapa tempat saja kita bisa mendapatkannya, seperti di pasar tertentu di Banyuwangi. Botok tawon ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin. Botok tawon diyakini bisa meningkatkan gairah stamina khususnya untuk kaum pria.  Namun bagi yang tidak tahan, makan Botok Tawon bisa mengalami alergi gatal-gatal di sekujur tubuh. Jadi yang punya bibit alergi sebaiknya memang berhati-hati memakan Botok Tawon.

 

5.Kelelawar Goreng Bumbu Khas Menado

kelelawar goreng bumbu khas menado

Selanjutnya dari manado ada menu kelelawar goreng bumbu kecap sambal pedas. daging kelelawar yang disajikan disini diolah sedemikian rupa sehingga tidak mengeluarkan bau busuk. Seorang penjual makanan ini menuturkan bahwa ia memiliki trik khusus untuk menghilangkan bau busuk pada kelelawar. Yaitu daging kelelawar yang akan dimasak harus dipisahkan antara badan dan kedua sayapnya terlebih dahulu kemudian dikuliti hingga kulit tipisnya terlepas sempurna. Selanjutnya daging kelelawar direbus dengan bumbu jahe dan laos. Makanan ekstrim ini sangat diminati berbagai kalangan. Karena mereka mempercayai khasiat dari daging hewan ini. selain rasanya yang gurih dan renyah, kelelawar goreng ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, gatal gatal atau alergi pada kulit. Hingga menjaga stamina pria dan wanita.

 

6.Belalang Goreng Khas Jogja

belalang goreng khas jogja

Bagi kebanyakan masyarakat, belalang dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman. Tetapi di beberapa daerah, hewan ini masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi. Di Wilayah Gunung Kidul Yogyakarta misalnya, serangga ini masih dipertahankan sebagai makanan camilan. Belalang goreng merupakan makanan ringan ekstrem khas Wonosari Yogyakarta. Makanan ini banyak diminati oleh para wisatawan karena enak, renyah, dan bergizi. Di daerah Wonosari Jogja makanan ini banyak di jual di banyak toko oleh-oleh di daerah tersebut.

 

7.Sate Kere Khas Solo

sate kere khas solo

Sate Kere adalah sebutan untuk salah satu makanan khas Solo yang terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampastahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang.

 

 

Penulis : Devia Roselina