Kenali Kriteria Rumah KPR

Kebutuhan akan tempat tinggal memang sudah menjadi hal vital setiap keluarga. Semakin hari harga rumah kian meningkat sehingga banyak orang mengeluh dan merek lebih memilih untuk mengontrak. Padahal dari sistem kontrak bisa merugikan karena besarnya angsuran yang harus dicicil tiap bulannya. Perumnas sebagai salah satu penyedia rumah KPR telah memberi peluang kepada tiap keluarga untuk bisa membeli rumah dengan angsuran lebih ringan.

Namun, sebelum membeli rumah sebaiknya kenali dahulu kriteria rumah KPR yang nantnya akan Anda beli. Berikut kita ulas langsung mengenai kriteria rumah kredit untuk rakyat agar Anda tak salah memilih.
1. Lokasi Rumah
Sebelum membeli rumah kenali dahulu dari sisi lokasi dimana ada beberapa kriteria lokasi yang tidak bisa disetujui bank diantaranya: berada di dekat sungai, akses jalan kurang dari 3 meter, berdiri dekat kuburan, dekat tempat ibadah, berada dekat dengan tempat sampah, berada di zona berbahaya, berada di bawah sutet, dan lain-lain.
2. Rumah Bekas
Tidak harus membeli rumah bekas, Anda juga bisa membeli rumah bekas dimana masih bisa diajukan memakai program KPR rumah bekas. Akan tetapi ada persyaratan yang wajib dilakukan mulai dari meminta salinan surat rumah kepada pemilik rumah, dan melakukan negosiasi ke pihak bank setelah itu jika berhasil maka bank akan mengeluarkan Surat Persetujuan Kerdit atau (SPK).
3. Sertifikasi Rumah
Mengenai adanya sertifikat rumah sebaiknya diperhatikan kembali sebelum mengajukan KPR. Pastikan rumah yang ingin Anda belu sudah mempunyai seritifikat legal yang terdiri dari Sertifikat Hak Milik atua SHM, Hak Guna Bangunan atau HGB. Jangan sampai Anda menerima seritifikat yang masih mengalami sengketa.
4. Fasilitas Rumah Inden
Rumah inden sepertiny sudah taka sing lagi ditelinga kita, padahal rumah inden merupakan rumah yang belum selesai dibangun dan hanya bisa diajukan ke pengembang kemudian dari pihak bank tak bisa mengajukannya. KPR rumah inden bisa diproses bila dari pihak pengembang sudah bekerja sama dengan bank dalam pemberian jaminan.
Dari kriteria rumah KPR di atas bisa memberi gambaran kepada pencari rumah yang sampai sekarang masih bingung dalam menentukan kriteria rumah idaman dengan harga murah di situs perumnas .