Sakit Punggung Pada Ibu Usia Kehamilan 7 Bulan

Pasti siapapun pernah mengalami yang namanya sakit punggung karena beragam penyebab sehingga aktifitas sangat terganggu. Dan bahkan pada ibu usia kehamilan 7 bulan ini, sakit punggung bisa sangat mengganggu karena beban pada perut yang sudah cukup berat dan masih ditambah hal ini. Karena itu anda perlu menyiapkan segala kebutuhan baik selama masa kehamilan hingga setelah anak terlahir dan salah satu yang perlu dipersiapakan adalah pencegahan terhadap sakit punggung ini. Ada banyak yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi sakit yang terkadang sangat merugikan karena terganggunya aktifitas hampir secara keseluruhan.

Pencegahan secara umum yang bisa dilakukan pada saat hamil hampir sama dengan larangan yang biasanya diberikan untuk menjaga sang ibu dan juga janinnya. Dan larangan ini memang bisa mencegah kemungkinan sakit punggung dan tekanan kepada janin pada usia kehamilan 7 bulan. Dan berikut ini beberapa cara mencegah sakit punggung yang harus diantisipasi ketika kehamilan sudah memasuki usia yang cukup tua.

  1. Jangan angkat beban berat

Ini tentu menjadi larangan baik untuk menjaga janin anda agar tidak tertekan namun juga bisa membantu mencegah sakit punggung. Karena beban yang terlalu berat ditambah perut yang sudah berat akan membuat punggung bekerja terlalu keras. Jadi sebisa mungkin minimalkan beban yang anda ingin angkat dan mintalah bantuan orang  lain untuk mengatasi hal ini.

  1. Atur posisi jika mengangkat sesuatu di lantai

Anda perlu untuk menekuk lutut dan juga membuat punggung lurus untuk memastikan beban tidak berada pada punggung anda. Dengan begitu beban akan bisa dialihkan secara merata tidak hanya kepada punggung anda.

  1. Jangan pakai hak tinggi

Tentu saja ini tidak boleh dilakukan karena beban yang berat jika anda menggunakan hak tinggi akan membuat tubuh menjadi tidak stabil. Karena memang jika menggunakan hak tinggi, beban akan lebih berada di punggung dan bukan ada pada kaki karena memang telapak kaki tertekuk saat berjalan.

  1. Memijat punggung

Ini bisa dilakukan secara berkala untuk memastikan punggung tidak mengalami nyeri dan ini tidak sulit untuk dilakukan. Cukup memijat dengan cara lembut ke sekitar bagian punggung untuk merilekskan punggung.

  1. Duduk dengan baik

Posisi duduk juga akan berpengaruh terhadap punggung anda, karena itu sebisa mungkin anda duduk dalam posisi lurus sehingga punggung tidak sakit. Gunakan bantalan pada punggung anda untuk membuat tubuh bagian belakang nyaman saat duduk.

Selain menyiapkan pencegahan dikala anda hamil, anda juga harus menyiapkan kebutuhan dari anak ketika sudah terlahir dan membutuhkan nutrisi. Ketika 6 bulan pertama tentu ASI dibutuhkan oleh bayi anda, baru disaat usia sudah 1 tahun berikan susu Wyeth untuk mendukung tumbuh kembang bayi anda karena mempunyai nutrisi yang dibutuhkan. Sekian beberapa cara mencegah yang bisa dilakukan ibu usia kehamilan 7 bulan agar tidak terkna sakit punggung walaupun terdapat beban berat di perut anda.