Jakarta Stock Exchange

Langkah Awal Mulai Bermain Saham

5 Langkah Awal Mulai Bermain Saham

 Setiap orang tentunya ingin agar bisa menghasilkan keuntungan. Beberapa melakukannya dengan membuka bisnis, dan beberapa lagi menjadi investor. Jika Anda hendak menjadi yang kedua, maka Anda perlu untuk membeli saham sehingga Anda bisa menghasilkan keuntungan. Lagipula, bermain saham di Jakarta Stock Exchange adalah cara yang bagus untuk investasi, dan merupakan jalan bagi banyak investor di masa depan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika Anda hendak menjadikan main saham sebagai cara investasi Anda, pastikan bahwa Anda sudah tahu dasar dari pasar saham itu sendiri. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan dan kebingungan sendiri dalam menghadapi Stock Exchange Jakarta yang cukup ganas bagi yang tak siap. Bursa efek adalah lapangan pertempuran Anda di mana transaksi jual beli saham akan terjadi, dengan berbagai aturan yang mengikatnya. Jadi bersiaplah.

Kalau Anda ingin memulai bermain saham, yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Memilih broker dan buka akun virtual

Pilih broker yang merupakan pialang saham, yaitu perusahaan sekuritas yang akan melakukan transaksi saham atas nama Anda dan memonitornya. Anda akan bisa mendapatkan datanya lewat akun virtual yang Anda miliki.

  1. Pahami sistemnya

Pahami sistem saham dan juga data-data yang dikirimkan kepada Anda sehingga Anda bisa menganalisanya dan melakukan perbandingan.

  1. Temukan mentor di dalam komunitas

Anda yang masih pemula bisa mencari mentor yang akan membantu Anda untuk bermain saham di dalam komunitas perdagangan saham. Bahkan Anda juga bisa meminta bantuan dari broker Anda.

  1. Selalu tahu berita

Banyak faktor mempengaruhi nilai saham dan kebijakannya, dari suku bunga sampai situasi negara. Jadi Anda sekarang harus rajin mengikuti berita. Anda akan lebih mudah mengikuti berita jika mengunjungi situs IDN Financials yang meng-cover tentang situasi pasar Indonesia.

Anda juga bisa mengikuti seminar saham sehingga Anda semakin paham cara bermain saham di Jakarta Stock Exchange. Memang sekilas, dunia jual beli saham ini terlihat mengintimidasi dan sulit dipahami. Tapi mulailah belajar dari awal, dari prinsip investasi dan platform saham. Dalam waktu tak lama, Anda akan memiliki dasar yang cukup kuat.