vertigo

PENGERTIAN VERTIGO

Vertigo diambil dari bahasa latin  yaitu Verto yang artinya gerakan berputar. Menurut Wikipedia, vertigo adalah salah satu bentuk sakitkepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang).

 

GEJALA VERTIGO

  1. Kehilangan keseimbangan
  2. Merasa berputar
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Kesulitan berdiri atau berjalan
  6. Pusing
  7. Gerakan mata yang tidak normal (nystagmus)

PENYEBAB VERTIGO

Penyebab vertigo bermacam-macam. Biasanya, penyebabnyatidakdiketahui.

Namun ada beberapa faktor penyebab terjadinya vertigo, antara lain:

 

  1. Gangguan vestibuler atau keseimbangan

Yaitu vertigo yang disebabkan karena adanya inflamasi atau infeksi pada saluran hidung dan/atau kuping, seperti sinusitis atau otitis media. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan gangguan flu berat dan memiliki nyeri pada telinga atau telinga berdenging.

 

  1. Gangguan non vestibuler

Vertigo non vestibuler seringkali sulit dideskripsikan secara jelas oleh pasien. Namun, banyak juga terjadi karena stress atau ketegangan pada otot leher, sehingga menyebabkan aliran pembuluh darah ke otak yang tidak lancar sehingga menyebabkan migraine atau bahkan vertigo. Namun kadang dapat juga disebabkan karena adanya tumor atau gangguan pada otak.

 

  1. Vertigo PosisiParoksisimalatau BPPV

Yaitu vertigo yang muncul karena perubahan pada suatu posisi tertentu secara tiba-tiba. Penyebab ini juga termasuk yang paling sering dijumpa ipada pasien-pasien dengan keluhan vertigo. Cara pencegahannya yaitu dengan tidak melakukan perubahan gerakan secara tiba-tiba dari satu posisi tertentu keposisi lainnya.

 

CARA MENGOBATI VERTIGO

Cara mengobati vertigo itu sendiri tergantung pada penyebabnya. Tak heran pasien-pasien dengan keluhan vertigo sulit menemukan obat atau dokter yang cocok karena lamanya pencarian penyebab dari vertigo itu sendiri.

Tips untuk mengetahui pengobatan yang tepatuntuk vertigo anda yaitu:

  1. Apabila vertigo anda disebabkan karena adanya gangguan vestibuler, ditandai dengan gejala flu berat, sinus, infeksi pada telinga, telinga berdenging, sakit pada telinga, anda dapat langsung konsultasi kanke dokter THT. Beberapa dokter THT di Indonesia sudah memiliki spesialisasi untuk menangani vertigo vestibulerini.

 

  1. Apabila vertigo anda muncul tiba-tiba tanpa ada keluhan apapun sebelumnya, cek aktivitas anda. Apakah anda akhir-akhir ini terlalu lelah? Sering duduk terlalu lama? Pegal-pegal atau bahkan hingga nyeri pada leher dan bahu? Mungkin anda mengalami vertigo yang disebabkan oleh ketegangan otot atau stress. Segera konsultasikan ke dokter penyakit dalam anda. Beberapa dokter mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan Fisioterapi untuk melemaskan otot anda yang tegang, juga memberikan beberapa obat untuk rileksasi otot anda.

 

  1. Apabila vertigo anda muncul setiap kali anda berubah posisi terutama saat tiba-tiba bangun tidur, mungkin anda terkena vertigo karena BPPV. Segera konsultasikan vertigo anda kedokter THT.

 

Hindari untuk mengobati vertigo anda sendiri tanpa konsultasi terlebih dahulu ke dokter ahlinya atau fisioterapis anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

 

Artikel oleh :

Husna, Str. Ftr

Fisioterapis