sarang burung walet

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wanita Asia seperti di  Jepang, Hongkong, China dan sebagainya tampak tetap terlihat muda lebih lama daripada wanita-wanita Eropa? Tampaknya pada wanita Asia memang memiliki rahasia kecantikan untuk memperlambat penuaan dan menjaga wajah mereka tetap bercahaya. Salah satu rahasianya adalah sarang burung walet. Produk alam ini menjadi salah satu bahan yang dijadikan pengobatan tradisional untuk kecantikan di Asia khususnya di China.
Sarang burung walet adalah salah satu produk alam yang paling sulit untuk di panen sehingga menjadi salah satu produk yang sangat mahal untuk dikonsumsi oleh manusia. Sarang walet hanya dapat ditemukan di gua-gua atau rumah-rumah yang sengaja di buat untuk walet bersarang. Biasanya sarang burung ini di panen pada dinding-dinding gua dan perlu pengalaman khusus untuk mendapatkannya.

Hongkong menjadi salah satu tempat perdagangan utama sarang burung ini, pemasok biasanya berasal dari Thailand, Malaysia dan Indonesia, sementara daratan China hanya menjadi konsumen. Pada masa Dinasti China di masa lalu sarang burung walet menjadi salah satu makanan sehari-hari untuk keperluan program diet. Permaisuri Cixi dari Dinasti Qing dikatakan telah menkonsumsi sarang burung walet ini dengan dibuat menjadi 7 menu masakan untuk menjaga dirinya agar tetap terlihat awet muda.

Sarang burung walet kaya akan kandungan nutrisi organik, termasuk didalamnya glyco-protein, dan asam amino, kemudian terdapat juga mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalium, natrium dan kalsium. Maka dari itu sarang burung walet sangat baik untuk memberikan sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan termasuk peremajaan sel-sel epidermis yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas dan kesehatan kulit,  juga dapat memperkuat system kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit,  meningkatkan fungsi jantung dan pernafasan, mengurangi kelelahan dan meningkatkan libido dan fungsi seksual.
Sarang burung walet ini menjadi bahan pokok dalam pembuatan beberapa produk kecantikan, terutama pada tonik dan masker wajah. Ketika dikombinasikan dengan kolagen, sarang burung ini dapat mengubah kulit kusam dan berkerut menjadi lebih muda dan berseri.

Masker wajah menggunakan sarang burung walet

Dalam tradisi pengobatan Cina, sarang burung di olah menjadi sup untuk dikonsumsi sebagai penambah energi Yin tubuh, dan membuat vitalitas seseorang menjadi lebih baik lagi. Jadi tidak heran ketika wanita Asia berduyun-duyun untuk melakukan pengobatan mujarab ini.

Berikut adalah 3 produk yang menggunakan bahan utama sarang burung walet

  1. Watsons Bird’s Nest Essence Whitening and Firming Neck Mask

Produk ini memberikan formula yang dapat menghilangkan kerutan-kerutan dan garis pada wajah, serta mengatasi kulit yang kendur pada wajah dan leher.

  1. Sasatinnie Swallow’s Nest Rejuvenation Mask

Kandungan sarang walet dalam produk ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel epidermal baru sehingga menjaga wajah tampak segar.

  1. Yen Bird’s Nest Beauty Mask

Esensi sarang walet pada produk ini dapat melembabkan kulit sehingga mampu memperlambat penuaan. Dalam produk ini juga berisi chitosan untuk meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap nutrisi sehingga membuat kulit tampak lebih cantik.