Jiwa enterpreuner bisa ada pada siapapun dia dan apapun latar belakang pendidikannya. Begitu juga dengan mantan mahasiswa jurusan teknik arsitektur. Secara umum, arsitektur adalah seni dan ilmu dalam mendesain atau merancang bangunan. Seorang yang lulus di bidang ini tentunya telah dibekali dengan kemampuan matematika, sains, seni, teknologi, humaniora dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika mereka memilih untuk berwirausaha? Bisnis apa yang cocok untuk mereka yang memang sejalan dengan bidang mereka sebagai Alumni teknik arsitektur? Berikut adalah 4 prospek bisnis yang menggiurkan untuk alumni teknik arsitektur.

1.      Bisnis Properti

bisnis arsitektur1

Sumber:  http://www.forextrading.indoinfo.web.id/wp-content/uploads/2012/10/bisnis-property.jpg

 

Bisnis Properti  rumah terbilang sebagai salah satu prospek yang menggiurkan. Karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan pokok manusia yaitu kebutuhan tempat tinggal. Salah satu pebisnis  properti yang cukup sukses di Indonesia adalah Elang Gumilang, perjalanan hidupnya dalam membangun bisnis properti penuh dengan perjuangan bahkan dari nol. Kisahnya sudah diulas melalui website mauproperti.com.

 

2.      Kontraktor Bangunan

bisnis arsitektur2

Sumber: http://www.palusewu.com/uploads/3/8/6/1/38613963/1455781689.png

 

Menjadi kontraktor bangunan bagi alumni teknik arsitektur merupakan pilihan yang cukup sesuai dengan bidang illmunya. Karena pada dasarnya, kebutuhan akan sebuah bangunan dari hari ke hari makin bertambah. Tugas seorang kontraktor bangunan adalah sebagai pelaksana suatu proyek bangunan dan bertanggungjawab atas pelaksanaan bangunan tersebut.

 

3.      Konsultan arsitektur

Menjual jasa dengan menjadi seorang konsultan arsitektur adalah hal yang tepat bagi alumni teknik arsitektur dalam menjalankan sebuah bisnis.  Layaknya profesi konsultan pada umumnya, untuk menjadi seorang konsultan arsitektur harus melalui serangkaian tahap seperti mengikuti pendidikan sertifikasi diluar pendidikan formalnya sebagai Sarjana Teknik Arsitektur.

 

4.      Bisnis Bahan dan Alat Bangunan

bisnis arsitektur4

Sumber: http://www.anneahira.com/images/depo-bangunan.jpg

 

Apabila anda memilih  bisnis ini, maka anda harus memiliki modal yang kuat karena berhubungan dengan pengadaan barang dagangan. Contohnya adalah Depo bangunan, yang menjual berbagai macam bahan bangunan seperti beragam jenis lantai, dinding, kayu, parquet, semen dan lain-lain sesuai konsep retail pada umumnya. Atau bisnis yang menjual produk yang lebih spesifik lagi yang menciptakan brand tersendiri seperti Baja Ringan merek Taso  atau atap bangunan dengan brand dari AvantGuard.

 

Menjadi seorang wirausahawan baik di bidang arsitektur maupun bidang lainnya tentu bukan hal yang tidak mudah untuk dijalankan. Karena tak sedikit pengusaha yang gulung tikar dan juga tak jarang juga yang meraup kesuksesan membangun bisnis.