Tropicanaslim.com – Penyakit jantung rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian-bagian dari jantung, seperti pada bagian otot jantung dan katup jantung tetapi kebanyakan yang terjadi merusak pada bagian katup jantung terutama dibagian kiri jantung. Penyakit ini terjadi setelah terjadinya penyakit demam rematik, yang apabila penyakit demam rematik ini tidak tertangani dengan baik atau terjadi secara sering maka kemungkinan akan terjadinya penyakit jantung rematikpun menjadi semakin banyak.

Mereka yang rawan akan terkena penyakit ini yaitu pada anak-anak usia 5 sampai 15 tahun, walaupun tidak tertutup kemungkinan orang dewasapun biasa terkena penyakit ini. Kerusakan jantung pada penyakit ini tidak selalu merusak jantung secara permanen, tetapi peradangan yang disebabkan oleh demam rematik ini dapat membuat satu atau lebih katup jantung terluka, terjadi kebocoran atau menjadi semakin sempit.

Dari suatu data dikatakan bahwa hampir setiap tahun sekitar 15 juta anak yang terkena penyakit jantung dan setengahnya dari mereka meninggal dunia. Sehingga perlu ada pencegahan lebih lanjut dalam menyelesaikan permasalahan akan penyakit jantung rematik. Untuk menghadapi penyakit yang banyak merugikan ini perlu adanya pengobatan dari penyebab penyakit jantung rematik yaitu demam rematik. Pengobatan terhadap demam rematik dapat meliputi dari penggunaan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri Streptoccocus dan juga penggunaan obat-obatan tambahan dalam mengobati peradangan pada jantung dan gejala-gejalanya.

Obat yang sering dipakai untuk mengobati demam rematik ini biasanya sering digunakan aspirin untuk menghilangkan peradangan pada sendi atau juga menggunakan steroid sebagai pengobatan lanjutannya. Dan jika telah sembuh maka tetap harus mengkonsumsi penisilin atau antibiotik untuk mencegah kembali penyakit tersebut datang kembali. Adanya pengobatan tersebut sangat penting jika terjadi kembali demam rematik yang dapat merusak katup jantung.

Pada kasus kebocoran terhadap katup jantung yang masih ringan atau sedikit dalam pengobatannya dapat dilakukan cukup dengan memberikan antibiotik atau penisilin dalam mengobati peradangannya. Namun jika kebocoran pada katupnya sudah semakin besar atau parah maka pengobatan seperti pembedahan atau operasi sangat diperlukan untuk mengobatinya. Operasi ini dilakukan dalam memperbaiki katup yang telah rusak atau mengganti katup dengan katup jantung buatan jika katup asli sudah sangat rusak.

Melihat dari hal-hal di atas maka sudah sewajarnya untuk berhati-hati dalam menghadapi penyakit jantung rematik. Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tempat tinggal menjadi langkah awal dalam menghindari sumber dari demam rematik yaitu bakteri Streptococcus. Dan untuk lebih memastikan Anda dapat memeriksakan kesehatan anda dan keluarga kepada dokter jantung yang lebih memahami akan penyakit jantung rematik.