Pertumbuhan dan perkembangan bayi terjadi sangat cepat, beberapa hari saja anda tidak mengikuti perkembangannya anda akan dibuat kaget dengan apa yang bisa terjadi pada anak anda. Beda halnya dengan dua bulan sebelumnya, bila dibulan sebelumnya waktu istirahat anda kurang, dibulan ini anda akan mulai memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Diusia ini bayi mulai memiliki keteraturan dalam hal tidur, main, dan makan bahkan diusia ini bayi semakin sadar dengan yang ada disekelilingnya.

Seperti halnya perkembangan yang dialami oleh bayi usia dua bulan. Bayi usia tiga bulan juga mengalami perkembangan dibeberapa sisi baik itu perkembangan kebiasaan dan juga perkembangan sistem kemampuan. Berikut merupakan perkembangan yang dialami oleh anak usia 3 bulan:

  • Kemampuan motorik pada bayi usia tiga bulan mengalami perkembangan yang cukup banyak seperti reflek bawaan lahir yang mulai berkurang, otot leher semakin kuat, bagian atas tubuh sudah cukup kuat menopang kepala, tangan dan mata yang sudah mulai berkoordinasi, sudah mulai melakukan tendangan-tendangan, dan mulai menyadari dapat menghasilkan suara menggerakkan giring-giring nyaman
  • Durasi tidur anak usia tiga bulan sudah cukup lama yaitu sekitar 6-7 jam dimalam hari .
  • Perkembangan indera pendengaran dan pengelihatan mulai berkembang sangat baik. Anak sudah tersenyum melihat wajah orang tuanya dan senang mendengarkan semua jenis music.
  • Kemampuan komunikasi di usia ini semakin berkembang dengan sering berceloteh oh ah dan bayi usia ini sudah mulai memperlihatkan kemampuan social seperti mulai tersenyum saat berinteraksi dengan orang

Memberikan yang terbaik dalam perawatan anak sangatlah perlu apalagi bila sang anak ini masih usia yang cukup muda dan masih sensitif dengan berbagai hal. Perawatan untuk bayi tentunya perlu menggunakan produk-produk yang memang sudah disesuaikan dengan kondisi bayi baik itu Ph maupun kulit bayi. Agar bayi anda selalu sehat dan aman disarankan menggunakan produk bayi yang sudah diakui  dan terpercaya seperti zwitsal. Dengan demikian buah hati anda akan terhindar dengan iritasi ataupun gangguan lain. Demikian artikel mengenai menilik pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 3 bulan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.