cara hilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat adalah luka yang dihasilkan setelah jerawat sembuh. Bekas jerawat memiliki beberapa jenis seperti kemerahan, flek hitam dan scar (parut) yang biasanya dihasilkan oleh jerawat batu. Bekas jerawat ini tidak kalah merepotkan dibandingkan jerawat itu sendiri karena proses penyembuhannya juga lumayan lama. Nah,,bagi anda yang sedang mencoba menghilangkan bekas jerawat informasi berikut ini mungkin bisa membantu anda:

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan prosedur medis

Perawatan Laser: Perawatan laser sering ditempuh oleh banyak wanita untuk mendapatkan kulit yang halus dan terbebas dari bekas jerawat. Perawatan laser diketahui memang cukup ampuh untuk mengatasi parut bekas jerawat yang tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami. Sayangnya perawatan laser memiliki efek samping dan juga harga yang tidak murah sehingga hanya kalangan tertentu saja yang menggunakan perawatan ini untuk menghilangkan bekas jerawat mereka.

Menggunakan chemical peeling: Chemical peeling adalah pengelupasa kulit menggunakan cairan kimia tertentu untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selain membantu menghilangkan bekas jerawat chemical peeling juga berguna menghilangkan sel-sel kulit mati, garis-garis halus, bekas luka, bintik gelap pada kulit wajah dan ketidaksempurnaan kulit yang disebabkan oleh penuaan, hormon dan sinar matahari berlebih.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Bekas jerawat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dihilangkan terutama jika hanya memanfaatkan bahan-bahan alami saja. Tetapi tentunya ada banyak keuntungan yang akan kita dapat jika menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami, beberapa diantaranya adalah:

Lebih minim efek samping: Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat memiliki efek samping yang tergolong ringan sehingga anda tidak perlu khawatir jika akan merusak kulit anda.

Harganya murah: Berbeda jauh jika anda mencoba menghilangkan bekas jerawat dengan prosedur medis seperti laser atau pembedahan yang bisa menghabiskan dana hingga jutaan rupiah, menggunakan bahan alami relatif murah karena anda hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan di sekitar anda seperti baking soda, tomat, mentimun atau lemon.

Tetapi dibalik kelebihannya menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami juga memiliki kekurangan seperti proses penyembuhan yang lama sehingga sebagain orang lebih memilih menggunakan prosedur medis.

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami:

Bubuk soda kue: Bubuk soda kue atau baking soda saat dicampur dengan cairan dan dibiarkan kering memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai exfoliant alami. Hal ini dapat mengelupaskan jaringan bekas luka sehingga memaksa kulit untuk mengaktifkan sifat penyembuhan alami, sehingga akan membantu memudarkan bekas luka. Konsep ini sama dengan yang digunakan dalam dermabrasi dan microdermabrasi, yang menggunakan sikat atau kristal untuk menggaruk di permukaan kulit. Perlu diketahui jika penerapan soda kue pada permukaan kulit mungkin akan memicu rasa perih dan kulit menjadi kering, sehingga dibutuhkan pelembab untuk mengatasi hal ini.

Lidah buaya: Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan terutama dalam menghilangkan bekas jerawat seperti flek hitam. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya cukup mudah, yaitu dengan mengambil lidah buaya kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Campur dengan sedikit vitamin E untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menggunakan minyak zaitun: Minyak zaitun adalah pelembab kulit alami yang sering dijadikan sebagai alternatif campuran lidah buaya dan vitamin E untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Menurut American Chronicle, minyak zaitun dapat melembabkan dan membantu proses penyembuhan kulit dari berbagai macam masalah termasuk flek hitam bekas jerawat.

Buah lemon: Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan kulit. Sedangkan saat diterapkan langsung ke kulit wajah vitamin C dapat mencerahkan kulit secara alami, dengan kata lain buah lemon yang kaya vitamin C ini bisa membantu memudarkan flek hitam bekas jerawat.

Demikian informasi singkat yang bisa penulis bagi untuk mengatasi masalah jerawat anda, semoga bermanfaat.