Teater adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis. Kata teater sendiri berasal dari kata theatron dari bahasa Yunani, yang berarti “tempat untuk menonton”. Teater adalah istilah lain dari drama, drama sendiri pun berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.

Peran teater dalam lingkup sosial masyarakat salah satunya adalah sebagai media untuk mengungkapkan ide-ide keindahan (presentasi estetis). Menonton sebuah pertunjukkan teater adalah belajar menafsirkan ide-ide apa yang dikomunikasikan oleh seniman teater kepada khalayak. Oleh sebab itu, penonton dituntut untuk tidak hanya menggunakan emosinya dalam menyaksikan pertunjukkan, tetapi juga pikirannya agar bisa mengambil hikmah dari apa yang telah disaksikannya.

Teater Citra dari SMAN 47 Jakarta yang terbentuk pada tahun 1982 ini merupakan salah satu ekstrakurikuler seni yang ada di SMAN 47 Jakarta. Teater yang dulunya bernama Sanggar Citra ini aktif mengikuti kegiatan intern di SMAN 47 Jakarta seperti GOE, Fossil Cup, dll. Selain itu, Teater Citra juga sering mengikuti lomba-lomba yang diadakan di Jakarta.

Tahun kemarin, tepatnya tahun 2015, Teater Citra berhasil menyelenggarakan pertunjukan tunggal pertama nya yang berjudul “LOCKED IN” yang merupakan karya dari Jane dan Jim Jeffries. Pertunjukkan yang bertempat di GRJS Bulungan ini dapat menarik penonton hingga hampir 1000 penonton. Berikut merupakan potongan dari pertunjukkan “LOCKED IN” :

teater

teater1

teater2

teater3

Bulan Oktober ini Teater Citra akan menampilkan pertunjukkan keduanya yang berjudul “Regret”, pada pertunjukkan ini yang di sutradai oleh Windy Eka Putri tentunya akan berbeda dari pertunjukkan tahun lalu, baik dari segi cerita dan segi lainnya. Jika tahun lalu Teater Citra mengadaptasi naskah dari orang lain, maka tahun ini Teater Citra membawakan naskah bahasa inggris yang dibuat sendiri oleh salah satu anggotanya, yaitu Muamar Kadavi. Drama ini bercerita mengenai kakak beradik yang bekerja sama sebagai perampok dan berjuang untuk melawan pemerintah yang korupsi untuk mendapatkan dokumen rahasia yang akan membebaskan mereka dari hukum. Pertunjukkan ini akan diadakan di GRJS Bulungan, Jakarta Selatan.

 

Penulis: Luthfiah Septiana