rumah asri

Mempunyai rumah yang nyaman dan sejuk adalah idaman banyak orang. Apalagi buat anda yang tinggal di perkotaan yang padat penduduk seperti Jakarta. Tentunya dengan kondisi Kota Jakarta yang macet, banyak polusi dan terik matahari yang menyengat saat kemarau membuat anda ingin segera pulang dan beristirahat di rumah.
Lalu bagaimanakah caranya kita membuat rumah yang nyaman dan sejuk untuk beristirahat dan bercengkrama dengan keluarga. Berikut adalah 4 tips membuat rumah nyaman dan sejuk tanpa AC.

1.    Perbanyak tanaman

Dengan memperbanyak tanaman di sekitar rumah, maka rumah akan terasa lebih sejuk. Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi pemanasan global dan juga mencegah terjadinya banjir. Seperti artikel yang dikutip dari website keluarga.com, banyak tanaman atau pohon yang cocok untuk ditanam disekitar rumah seperti pohon mangga, pohon palem, pohon pepaya, pohon pinus, bunga melati, atau kembang sepatu.

2.    Gunakan lampu hemat energi

Penggunaan lampu bohlam atau pijar yang boros energi terkadang menjadikan ruangan dan rumah kita panas. selain biayanya lebih murah, penggunaan lampu hemat energi seperti LED dapat membantu suasana rumah menjadi sejuk dan nyaman.

3.    Gunakan Dinding Styrofoam

Styrofoam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat khusus dengan struktur yang tersusun dari butiran yang berisi udara dan kerapatan rendah. Dengan struktur yang sedemikian rupa, maka dinding yang terbuat dari styrofoam merupakan dinding yang menjadi isolator yang baik dan mampu menahan panas. Kebanyakan Dinding styrofoam digunakan dalam studio rekaman sebagai peredam suara musik.

4.    Mendesain langit-langit dan atap

Penyebab sebuah rumah menjadi menyesakkan dan pengap adalah karena langit-langit yang rendah. Maka untuk membuat rumah anda terasa sejuk, buatlah plafon anda menjadi lebih tinggi sehingga suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

Selain meninggikan langit-langit, pemilihan atap juga sangat penting untuk dilakukan. Banyak jenis atap yang membuat rumah anda sejuk dari terik panas matahari seperti atap asbes, atap beton, atap pvc dan atap dengan bahan metal.

Menjadikan rumah menjadi tempat istirahat yang nyaman dan sejuk memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun semua itu akan sebanding dengan apa yang kita dapatkan.