sistem pertanian di Indonesia saat ini

Bkpm.go.id  – Industri perkembangan sektor pertanian di Indonesia adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. Dengan demikian, industri merupakan bagian dari proses produksi. Bahan-bahan industri diambil secara langsung maupun tidak langsung, kemudian diolah, sehingga menghasilkan barang yang bernilai lebih bagi masyarakat. Kegiatan proses produksi dalam industri itu disebut dengan perindustrian.

Indonesia merupakan negara yang memiliki ikllim yang baik dan cocok bila di gunkan untuk mengembangkan segala macam sektor pertanian di indonesia mulai dari karet, tebu, jagung , padi,sagu ,coklat dan masih banyak lainnya yang dapat kita tanam asalkan mau untuk merawat dan mau berusaha dalam mengembangkan pasti akan mudah untuk memulainnya. Sebagai contoh kecil saja indonesia pada saat ini masih mengimport beras dari negara asing ,hal tersebut dikarenakan indonesia belum mampu dalam memenuhi kebutuhan beras nasiaonal walu mayoritas masyarakat indonesia keberja di pada sektor pertanian. hal yang perlu menjadi gagasan utama yaitu bagaimana indonesia bisameningkatkan produksi berasnya sendiri dangan tidak lagi mengimport beras dari luar negri yang yang dari segi harga bisa lebih murah dari pada beras lokal dan memiliki kualitas yang baik
Pada dasarnya yang perlu bertanggung jawab atas perkembangan sektor pertanian bukanlah hanya sebatas pemerintah saja namun semua warga negara harus ikut peran dalam melakukan pengembangan di sektor pertanian untuk jauh lebih meningkat lagi , dari peran pemerintah sendiri biasanya melakukan pelatihan-pelatihan dan ujicoba dalam menentukan, menciptakan, dan mengembangkan varientas tanaman padi yang unggul.

BKPM (badan koordinasi penanaman modal ) juga memiliki peran yang sangat besar yang dapat menunjang kebutuhan logistik dan biaya untuk mengembangkan sektor pertanian di Indonesia saat ini lho, BKPM selaku badan penanaman modal bisa membantu investor yang ingin menanamkan modalnya di indonesia baik dari investor asing maupun investor lokal. Hal ini tentunya akan sangat di butuhkan karna dengan adanya modal yang di tanamkan para investor dapat di gunakan untuk memulai pengembangan pertanian dan dari masyarakatnya sendiri bisa membantu dalam mengembangkan pertanian dengan cara yang sangatmudah yaitu lebih memilih menggunakan barang-barang atau semuajenis buah-buhan, syuran, palawija dan masih banyak yang lain yang berasal dari indonesia sendiri.

bkpm pertanian
Mulai dari sekarang kita dapat melihat sektor pertanian di Indonesia yang ada di sekitar kita,apakah sudah sangat maju atau masih tertinggal dari bangsa lain? Cobalah mulai sekarang menggunkan produk Indonesia “ I love Indonesia “.

Keywords:

  • perkembangan pertanian di indonesia
  • Perkembangan sektor pertanian