bisnis kontrakan

Bisnis kontrakkan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Tidak sedikit para pebisnis yang sukses ketika menjadikan bisnis kontrakan sebagai bidang bisnis yang ditekuninya. Dengan demikian jenis bisnis ini juga merupakan jenis yang pas jadi pilihan, asalkan Anda mampu mengatur banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan dari bisnis Anda.
Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan agar sukses dalam membuka bisnis kontrakkan? Berikut jawabannya:
1.    Bangunlah Kontrakkan yang Sesuai dengan Modal  Anda

Memiliki puluhan kamar kontrakkan atau belasan rumah kontrakkan tentu saja merupakan impian para pebisnis yang terjun dalam bisnis kontrakkan. Namun untuk sampai pada tahap tersebut Anda harus memulainya dengan hal yang kecil dahulu. Tidak ada salahnya hanya membuka 2 hingga tiga kamar kontrakkan sebagai tahap awal. Asalkan disesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki, dan pastikan kontrakkan yang Anda bangun akan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

2.    Tentukan Lokasi yang Tepat dan Mudah Dijangkau

Dekat dengan universitas, atau perusahaan tertentu merupakan lokasi yang pas untuk dibangun kontrakkan disekitarnya. Dengan demikian, tips kedua bagi Anda yang ingin menekuni bisnis kontrakkan adalah menentukan lokasi yang tepat, khususnya tempat yang memang masyarakatnya dipastikan membutuhkan kontrakkan.

3.    Pastikan Harga yang Anda Pasang Sesuai dengan Fasilitas yang Anda Tawarkan

Selanjutnya, pastikan Anda memasang harga yang pas. Harga tersebut bisa Anda sesuaikan dengan fasilitas yang Anda berikan. Anda juga bisa menentukan harga dari lokasi dimana kontrakkan Anda dibangun. Semakin strategis lokasi tersebut, maka semakin mungkin bagi Anda memasang harga yang relatif tinggi. Asalkan harga yang Anda tentukan merupakan harga bersaing dan kompetitif dengan pebisnis lain yang sejenis.

4.    Rajin Mempromosikan Kontrakkan Baik Online Maupun Offline

Jika kontrakan sudah dibangun, pastikan masyarakat sekitar mengenal keberadaan kosan Anda dengan mempromosikan melalui brosur atau iklan di media online. Banyak website jual beli dan sewa rumah yang bisa kita pakai untuk mempromosikan rumah kontrakan Anda seperti urbanindo, Rumah123, serumah.com dan lain-lain.

5.    Buat rumah kontrakan anda nyaman untuk ditinggali
Dan terakhir, faktor utama yang cukup penting agar usaha kontrakan anda laris manis adalah tempatnya yang nyaman untuk ditinggali. Tempat yang nyaman meliputi banyak aspek, seperti lingkungan yang bersih, akses yang mudah, bebas banjir, atap yang kuat, tembok yang kokoh dan lain-lain.

 
Segala hal jenis bisnis memang membutuhkan strategi serta konsep yang matang termasuk dalam membangun bisnis kontrakkan. Lakukanlah semuanya dengan maksimal agar hasilnya pun mudah-mudahkan semaksimal usaha Anda.