Sebagai ajang olahraga terbesar yang melibatkan setiap negara di dunia, Olimpiade menjadi sebuah event yang sangat ditunggu oleh khalayak luas. Begitu pun masyarakat Indonesia yang sangat menantikan ajang olahraga empat tahun sekali tersebut. Pada Olimpiade Musim Panas 2016 yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil, tim Indonesia telah menyiapkan para atlet terbaiknya untuk tampil di beberapa cabang olahraga diantaranya, bulutangkis, angkat besi, panahan, dayung, atletik, dan balap sepeda. Dalam sejarahnya, Indonesia telah banyak mengukir prestasi di ajang Olimpiade. Berikut adalah 6 prestasi Indonesia sepanjang mengikuti event Olimpiade:

Olimpiade Seoul 1988

Ajang Olimpiade Seoul 1988 menjadi tonggak awal prestasi Indonesia di ajang olahraga terbesar ini. Dalam ajang yang diadakan di ibukota Korea Selatan tersebut, Indonesia meraih prestasi pertamanya berupa medali perak. Medali tersebut diraih oleh Tim Panahan Putri yang terdiri dari, Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani.
olimpiade88
Source: rahmafir.files

Olimpiade Barcelona 1992

Bisa dibilang Olimpiade Barcelona 1992 menjadi ajang yang paling berkesan selama Indonesia mengikuti event tersebut. Di ajang olahraga terpopuler itu, Indonesia berhasil meraih medali emas pertamanya. Medali emas tersebut diraih oleh Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti pada cabang bulutangkis. Fakta uniknya, pasca meraih medali emas, Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti menjalin kehidupan bersama sebagai pasangan hidup.

Olimpiade Atlanta 1996

Keberhasilan Indonesia kembali terulang di Olimpiade Atlanta tahun 1996. Masih dengan cabang bulutangkis, Indonesia berhasil meraih medali emas saat itu. Rexy Mainaky dan Ricky Subagja yang menjadi pahlawannya. Sebagai pasangan tim bulutangkis ganda putra, mereka berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Atlanta, Amerika Serikat.
olimpiade96
Source: assets.kompas

Olimpiade Sydney 2000

Pada tahun ketiga pasca kesuksesan meraih medali emas, tim bulutangkis Indonesia kembali meraih medali emas di Olimpiade Sydney. Tim bulutangkis Indonesia saat itu memang sedang haus gelar dalam setiap ajang Olimpiade dimana tiga kali berturut-turut meraih medali emas. Di Olimpiade ini, tim bulutangkis Indonesia yang meraih medali emas yakni, ganda putra, Tony Gunawan dan Candra Wijaya.
olimpiade2000
Source: cdn-2.tstatic

Olimpiade Athena 2004

Siapa yg tidak ingat dengan keberhasilan Taufik Hidayat di Olimpiade Athena 2004? Taufik yang menjadi tunggal putra dalam cabang bulutangkis mengukir kesuksesannya dengan meraih medali emas. Pencapaian ini menjadi sangat berkesan dimana Taufik adalah satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali emas saat itu. Di balik gemilangnya prestasi Taufik Hidayat, tentunya ada suatu perjuangan seperti, latihan serius, motivasi tinggi dan tentunya komponen pendukung yang berkualitas seperti, sepatu badminton terbaik, raket dan lain sebagainya.
olimpiade2004
Source: media.viva

Olimpiade Beijing 2008

Sampai saat ini, prestasi terakhir Indonesia dalam ajang Olimpiade adalah saat tim ganda putra bulutangkis Indonesia meraih medali emas di Beijing tahun 2008. Markis Kido dan Hendra Setiawan yang menjadi pahlawan Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Sayangnya, pada Olimpiade berikutnya, Indonesia belum berhasil mempertahankan prestasinya.
olimpiade2008
Source: m4741blogspot.files

Nah itu dia 6 prestasi terbaik Indonesia di ajang Olimpiade. Melihat potensi atlet Indonesia yang begitu baik, sepatutnya menjadi hal yang wajar apabila masyarakat Indonesia berharap agar tim Indonesia dapat meraih prestasi medali emasnya seperti kesuksesan yang pernah diraih sebelumnya. Untuk itu, sebagai masyarakat Indonesia, mari dukung para atlet Indonesia yang akan berjuang di Olimpiade Rio 2016. Indonesia pasti bisa!