marketing via facebook

Dengan tumbuh menjadi situs jejaring sosial raksasa, Facebook telah memberikan peluang besar viral marketing terhadap penggunanya dalam melakukan pemasaran. FaceBook memiliki lebih dari 1 Miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Sekitar 500 juta di antaranya menggunakan Facebook pada hari tertentu. Rata-rata lebih dari 71 juta konten dengan menyertakan link, gambar, video, catatan dan lain-lain, dibagi di antara pengguna setiap hari. Facebook adalah platform media sosial yang menjadi keharusan bagi siapapun yang ingin mempromosikan apa saja secara online.
Setiap orang telah menyadari pentingnya penggunaan Facebook sebagai alat pemasaran, sehingga menimbulkan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Hanya 1 dari 1 juta konten pemasaran yang mampu menjadi Facebook viral marketing. Artinya bahwa, dibutuhkan ide kreatif yang cemerlang yang mampu menarik perhatian banyak orang agar membicarakan konten anda dari mulut ke mulut, meskipun cara penyebarannya melalui link atau tautan yang dikirimkan secara digital.

 

Untuk menjadi viral marketing Facebook, anda dapat memanfaatkan seluruh fitur-fitur pendukung yang disematkan dalam platform Facebook itu sendiri seperti share button, facebook pages, facebook connect dan facebook fan box widget. Serta fitur pendukung lainnya seperti aplikasi khusus yang memudahkan untuk membagikan konten secara cepat dan melakukan social media management untuk mengelola profil pemasaran perusahaan.

 

Facebook Marketing

Perbedaan pertama dan paling jelas antara Facebook marketing dan bentuk-bentuk pemasaran lainnya adalah masalah biaya. Tentunya anda sudah mengetahui bahwa Facebook marketing dapat dilakukan secara gratis, bandingkan dengan besaran biaya untuk beriklan di radio, TV dan bahkan media cetak.
Meskipun Facebook disediakan secara gratis, hanya sedikit orang yang mampu menjadikan Facebook sebagai alat sosial media yang efektif untuk menjangkau konsumen dengan sangat tertarget. Setiap orang mampu melakukan pemasaran dengan menggunakan status mereka, tetapi kebanyakan tidak tertarget dan hanya selintas saja, karena dalam Facebook marketing dibutuhkan kontinuitas yang berkesinambungan.

 

Karakteristik lain yang sangat signifikan yang memisahkan Facebook marketing dari strategi pemasaran lainnya adalah basis pelanggan potensial. Anda dapat menentukan target pemasaran dengan mudah melalui riset pasar untuk mengelompokkan pengguna ke dalam kategori tertentu, sehingga strategi pemasaran yang anda terapkan efektif dan tertarget.

 

Facebook marketing bukan sekedar update status, menyebar konten dan bercakap-cakap. Untuk mencapai Facebook viral marketing dibutuhkan Facebook marketing strategy yang handal, tertarget dengan managemen yang baik.

 

Facebook Marketing Strategy

Perusahaan yang sukses dalam menggunakan platform Facebook sebagai alat pemasaran adalah mereka yang mampu keluar dari lingkaran logo perusahaan yang mengekang tindakan dengan memberikan batasan interaksi kepada pelanggannya.

 

Mungkin sesekali anda perlu menunjukkan personalitas kepribadian dengan melakukan posting kegiatan sehari-hari untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan anda. Namun, perlu juga dibatasi untuk menjaga profesionalitas.

 

Itu merupakan salah satu cara terbaik dalam facebook marketing strategy. Beberapa strategi sosial media yang dapat anda ikuti antara lain:

Untuk menjadikan konten anda menyebar seperti virus, anda harus mengusahakan untuk menumbuhkan keterlibatan dialog dua arah. Kebanyakan marketer hanya melakukan posting, posting dan posting tanpa memperdulikan tanggapan langsung dari pelanggan. Rubah kebiasaan tersebut !!

 

Buat artikulasi yang mudah, jangan terlalu formal dan kaku. Usahakan dalam setiap konten yang diposting menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, bila perlu gunakan bahasa sehari-hari, seolah-olah anda berbicara kepada teman dekat.

 

Pancing pelanggan anda agar menyebarkan konten anda. Penelitian menunjukkan bahwa, pengguna akan lebih percaya kepada konten yang disebarkan oleh teman mereka. Masuk akal, anda harus mampu memancing klik share button pengguna pada konten anda!

 

Kadang kala, cara berpromosi tidak selalu menonjolkan merek, kebanyakan dari Facebook viral marketing justru seolah-olah tidak sedang mempromosikan merek, mereka hanya menampilkan merek pada akhir konten, seperti halnya konten viral video marketing. Anda bisa melakukan hal itu, buat konten yang menarik, kontroversial dan fenomenal.

 

Tentang Penulis,

Babeh adalah seorang tukang servis hp dan mencari sampingan dengan membangun blog babeh.id. Salah satu tulisan terbarunya yang menjadi referensi pembacanya adalah tentang hp android terbaik. Kini dia sedang berusaha membangun personal branding