Pengertian Compressor AC

Kompressor AC merupakan alat mekanis yang bekerja untuk menghirup uap refrigerant dari evaporator lalu mendorongnya, dengan begitu tekanan suhu uap tersebut menjadi lebih tinggi, Kompressor bertugas mempertahankan perbedaan tekanan dalam sistem .

Fungsi kompressor atau pompa hisap adalah mengalirkan refrigerant ke seluruh system pendingin, untuk system kerjanya dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi kesisi yang bertekanan rendah. Jadi apabila semakin tinggi temperatur yang dipompakan maka semakin besar tenaga yang dikeluarkan oleh Compressor.

kompresor AC

Compressor Copeland

Copeland compressor scroll adalah compressor yang telah banyak sekali digunakan bahkan dikenal diseluruh dunia, compressor ini sering sekali dijumpai dan banyak orang mengganti compressor yang rusak dengan Copeland compressor scroll karena memiliki mutu dan kualitas yang baik.

 

Berikut ini Adalah Tips Merawat Compressor AC yang Baik dan Benar

Sering sekali kita mengeluh tentang compressor AC yang suka macet dengan tiba- tiba itu dikarenakan compressor tidak bekerja secara optimal, banyak sekali masalah tentang compressor AC yang sulit hidup, berisik bahkan terbakar itu bisa jadi mungkin karena anda salah membeli compressor atau mungkin karena anda tidak pernah merawatnya . Mungkin anda setuju bahwa didunia ini tidak ada yang abadi, begitupun dengan compressor, compressor juga memiliki umur sama hal nya seperti kita, umur compressor akan mejadi pendek jika kita tidak merawatnya. Umur compressor AC bisa menjadi 10 tahun jika kita mau merawatnya. Ingin tahu cara merawat compressor AC, berikut ini cara yang tepat merawat compressor AC

  • Bersihkan unit out door dan in door secara rutin dengan begitu maka fin kondensor akan bekerja dengan baik apabila anda fin kondensor atau out door kotor maka pressure Freon kan meningkat dan ampere compressor akan ikut naik, apabila ampere compressor melebihi standart maka compressor AC pun akan cepat mengalami over temperature atau kerusakan
  • Cek compressor AC terminal 1, compressor akan bekerja dengan berat bila Freon pada ternal 1 sudah habis sedangkan permintaan pada energy masih terus berlangsung, cara mengatasinya cari titik kebocoran cek sambungan pipa pada nepel, apakah sambungan tersebut kencang atau tidak.
  • Solusi agar compressor terna 2 agar tidak voltage drop yang membuat ampere meningkat adalah dengan memasang Stabilizer tegangan, karena daya yang tidak stabil memungkinkan akan mengganggu pada alat-alat elektronik lainya
  • Pemasangan kondensor tidak boleh lebih tinggi dari evaporator, jika pemasangan kondensor lebih tinggi dari evaporator menyebabkan oli akan cepat turun dan oli akan sulit kembali ke kondensor.
  • Cek kelep terkadang kerak oli akan menempel pada kelep bila didiamkan akan menumpuk dan menyebabkan compressor macet.

 

Sekian artikel tentang Tips merawat Compressor AC, semoga bermanfaat.

 

 

Penulis oleh Julpikar

website : http://iwanfalsgembelri.blogspot.com

: http://petaniadv.blogspot.com