cara hilangkan karang gigi

Karang gigi atau sering disebut plak gigi, adalah salah satu masalah gigi yang secara tidak langsung akan mengurangi kadar kecantikan atau ketampanan seseorang. Selain itu, karang gigi juga membuat tidak nyaman mulut, serta merusak gigi, karena mampu menyebabkan gigi keropos dan kehilangan lapisan email gigi. Tentu hal ini akan menjadi suatu hal yang sangat menyebalkan dan menjengkelkan. Sikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi. Cara yang paling cepat memang datang ke dokter gigi, dan melakukan perawatan untuk membersihkan karang gigi, namun terkadang butuh biaya yang relatif mahal.

Dikutip dari greenyatrablog.com, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan karang gigi dan membuat gigi kembali bersih. Meskipun butuh waktu cukup lama agar karang gigi benar-benar bersih. Berikut sharingdisini beberapa bahan alami tersebut.

Cengkeh
Cengkeh adalah salah satu bahan alami yang bisa mengatasi karang dan plak gigi dengan baik. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Ambil 4-5 biji cengkeh (bisa cengkeh basah atau cengkeh kering), tumbuh hingga halus. Campur dengan sdm jus lemon bubuk lalu aduk rata hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk sikat gigi. Lakukan secara teratur dua kali sehari. Jika kamu rutin melakukan hal ini selama 5 hingga 6 bulan, secara perlahan karang gigi yang kamu derita akan hilang. Tapi ingat, waktu menghilangkan karang gigi juga disesuaikan dengan seberapa parah karang gigi yang kamu alami.

Stroberi
Stroberi yang mengandung zat asam di dalamnya dan beberapa nutrisi lain yang sehat untuk gigi, disebutkan jika Stroberi bisa mengatasi karang gigi. Cara memanfaatkan buah warna merah ini sangatlah mudah. Gosokkan potongan buah Stroberi pada gigi kamu atau kunyah buah Stroberi. Lakukan hal ini beberapa saat sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat dan gosok gigi seperti biasa setelah melakukan cara ini. Untuk hasil maksimal, lakukan cara secara teratur setiap hari selama beberapa bulan ke depan.

Biji Buah Delima
Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi karang gigi adalah biji buah delima. Cara adalah, siapkan 1 sendok biji buah delima. Haluskan lalu campur dengan sedikit garam. Tambahkan tiga tetes air dan aduk rata hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk sikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Dengan melakukan cara alami secara teratur, tanpa perlu ke dokter, perlahan plak dan karang gigi di gigi kamu akan hilang. Tapi ingat, kamu harus bersabar dan selalu telaten jika ingin dapatkan hasil yang maksimal.
    
Baking Soda
Baking soda merupakan salah bahan alami yang memiliki segudang manfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan. Satu lagi manfaat baking soda adalah untuk mengatasi plak atau karang gigi. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Ambil beberapa bubuk baking soda, gosokkan pada gigi yang mengalami plak atau terdapat karang gigi di dalamnya. Biarkan beberapa menit lalu kumur-kumur dengan air hangat. Jika ingin hasil maksimal, gunakan baking soda bersama garam halus. Melakukan cara ini secara teratur setiap hari selama beberapa bulan, kamu pun bisa dapatkan gigi cantik, sehat dan bebas dari karang gigi.

Selain bahan alami di atas, bahan alami lain yang juga dipercaya bisa mengatasi karang gigi antara lain adalah lidah buaya, kulit jeruk, minyak biji wijen, buah ara dan makan pedas. Meski begitu, kamu harus tetap menyikat gigi secara teratur sebelum tidur dan setelah makan. Bila perlu, lakukan pemeriksaan gigi di klinik kesehatan atau dokter gigi. Selamat mencoba..