Di masa kini, kita sering sekali mendengar istilah LDR. Ya, LDR yang memiliki kepanjangan Long Distance Relationship atau kadang-kadang diterjemahkan sebagai Lelah Ditelan Rindu ini memang memiliki kesan yang erat dengan kegalauan. Bagaimana tidak? Karena berjarak jauh, punya pasangan seakan sendirian. Yang di sini lihat bulan, yang di sana lihat matahari….

 

Namun, sebenarnya LDR bukanlah menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan jika kita menyiapkan tiga amunisi berikut. Nah, untuk yang akan menjalani LDR atau yang masih terjebak di dalamnya, simak baik-baik informasi ini supaya jarak yang terbentang bisa diperpendek. Ini dia:

 

  1. Siapkan kesabaran tingkat tinggi!

Yang ini sudah pasti harus kita siapkan. Sabar karena tidak dihubungi sesering dulu, sabar karena susah bertemu, sabar karena tidak pulang-pulang, sabar melihat orang lain mesra-mesraan di depan mata. Ya, pokoknya harus sabar menanti lah. Semua ada waktunya, dan percayalah bahwa masa tunggu tersebut akan membawa kebahagiaan pada akhirnya.

 

  1. Selalu percaya dan berpikir positif bahwa cinta akan mengalahkan jarak!

Namanya berhubungan jarak jauh, pasti kita tidak bisa terus-menerus memantau keberadaan pasangan, yang ada malah jadi jengah. Di situlah kepercayaan harus ditumbuhkan! Percaya bahwa hubungan yang dibangun sedang diuji menuju ke arah yang lebih baik. Hilangkan rasa curiga yang tidak perlu, karena bertengkar saat berjauhan itu tidak enak. Percaya deh.

 

  1. Handphone yang bisa digunakan untuk chat dan video call lengkap dengan pulsanya.

handphone

sumber

Lalu, bagaimana cara melatih kesabaran dan memupuk kepercayaan? Tentu jawabannya dengan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Kalau bisa, tentukan jadwal di mana kita dan pasangan sama-sama free untuk mengobrol tanpa gangguan; baik melalui telepon, chat, atau video call. Fasilitasi jadwal tersebut dengan handphone yang berkualitas lengkap dengan pulsa yang cukup. Setelah itu, mari berharap bahwa sinyal di tempat masing-masing cukup baik agar tidak membuat kesal.

 

Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa melengkapi tiga amunisi di atas. Namun, tiga amunisi di atas adalah pondasi paling mendasar yang harus ada pada sebuah hubungan jarak jauh. Seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan pola yang terbentuk akan menentukan bagaimana hubungan jarak jauh akan dijalani ke depannya. Akhir kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua pasangan LDR agar bisa bertahan menghadapi jarak dan waktu yang menghadang. Semangat!

 

Artikel oleh : Dita Nadya Ardiyani