Saya adalah pelanggan setia dari berbagai toko online seperti blanja.com, Lazada, Blibli, Elevenia, dan Qoo10. Saya ingin bercerita pengalaman tidak mengenakkan yang baru saja terjadi ketika berbelanja online, dengan harapan cerita saya ini dapat menjadi pelajaran dan mencegah orang lain mengalami kerugian seperti yang saya alami ini.

Cerita ini dimulai beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 27 Agustus 2015, ketika saya mendapat email dari blanja.com. Penampakan email tersebut seperti ini:

iklan blanja.com voucher 10persen yang menyesatkan

Saya merasa bahagia karena mendapatkan email dari blanja.com yang berisi voucher diskon 10%. Setelah itu pada tanggal 28 Agustus 2015 mulailah saya berbelanja handphone Redmi 2 seperti yang terpampang pada banner iklan di dalam email.

Ketika melakukan checkout, saya masukkan kode voucher dari email dan saya bayar menggunakan kartu kredit. Tidak lama kemudian, datang beberapa email pemesanan dan konfirmasi pembayaran sbb:

– Email Penempatan Pesanan

penempatan pemesanan blanja.com

 

 

– Email Konfirmasi Pembayaran

pembayaran blanja.com berhasil

 

Selesai sudah transaksi pembelian di blanja.com pada hari itu. Dan hari ini, tanggal 31 Agustus 2015, tepat 3 hari setelah transaksi pembelian di blanja.com saya menerima email pembatalan transaksi yang berbunyi sbb:

pembatalan transaksi blanja.com

Ternyata transaksi yang saya lakukan dianggap tidak wajar dan ada potensi pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Sambil menahan kecewa dan rasa sesak di dada, saya membuka halaman syarat dan ketentuan yang ada di dalam link, dan isinya adalah sbb: (klik gambar untuk memperbesar atau langsung klik ke website ini)

syarat dan ketentuan blanja.com

Di situ tertulis bahwa:

  1. Voucher blanja.com tidak ditujukan untuk pembelian yang dilakukan oleh re-seller atau trader. Jika transaksi terdeteksi oleh sistem blanja.com dilakukan oleh re-seller atau trader maka transaksi akan dibatalkan oleh blanja.com

Transaksi saya dibatalkan karena saya dianggap reseller / trader. Saya tidak mengerti, berdasarkan fakta apa pihak blanja.com menyatakan saya sebagai reseller / trader? Padahal saya hanya mengikuti petunjuk blanja.com yang memberikan iming-iming email berisi voucher 10% untuk berbelanja. Terlebih lagi, saya sangat jarang berbelanja di blanja.com, saya lebih sering berbelanja di Lazada.

Melanjutkan membaca syarat dan ketentuan di halaman website tersebut, tiba-tiba saya meneteskan air mata kesedihan dan kekecewaan membaca pernyataan berikut ini:

Setelah dilakukan pembatalan transaksi, blanja.com akan mengembalikan dana dengan mekanisme:

  • untuk pembayaran dengan Kartu Kredit akan dilakukan pengembalian ke Kartu Kredit (chargeback) yang dipergunakan bertransaksi
  • untuk pembayaran selain menggunakan Kartu Kredit, akan dikembalikan ke saldo Virtual Account Anda di blanja.com paling lambat dalam 3 x 24 jam (hari kerja)
  • pengembalian dana ke pembeli akan dikenakan potongan biaya 3% untuk penggunaan kartu kredit dan Rp. 10.000 selain kartu kredit setiap transaksi. T n C penggunaan vocher Blanja.com dapat dilihat disini

Baru kali ini sepanjang hidup saya, pembatalan transaksi belanja online dipotong biaya 3%. Pengalaman saya selama berbelanja online, saya pernah mengalami pembatalan transaksi oleh pihak Lazada dan Blibli, namun uang dikembalikan penuh 100% tanpa potongan biaya apapun, bahkan voucher yang saya pakai dikembalikan oleh pihak Blibli (terima kasih Blibli!).

Demi membaca syarat tersebut, otak saya langsung melakukan perhitungan sederhana:

– berapa jumlah pembeli yang transaksinya dibatalkan oleh blanja.com? per hari? per bulan? per tahun?

– berapa jumlah potongan 3% dari transaksi yang dibatalkan oleh blanja.com? per hari? per bulan? per tahun?

Dalam sepersekian detik, saya langsung berandai-andai:

– misalnya sehari ada 10 transaksi pembelian Redmi 2 seharga Rp 1.366.920 yang dibatalkan oleh blanja.com maka:

Total potongan biaya = 10 x ( 3% x Rp 1.366.920) = Rp 410.070 / hari

atau Rp 410.070 x 30 = Rp 12.302.100 / bulan

atau Rp 12.302.100 x 12 = Rp 147.625.200 / tahun

Jadi potongan biaya yang terkumpul selama setahun untuk 10 transaksi pembelian Redmi 2 adalah seratus empat puluh tujuh juta enam ratus dua puluh lima ribu rupiah.

Tiba-tiba saya jadi tertarik untuk berbisnis toko online kalo memakai cara seperti ini. Dalam setahun saya bisa meraup uang ratusan juta rupiah.

Total kerugian saya hanya Rp 41.007 tapi saya tidak rela jika uang tersebut digunakan untuk menyumbang pemasukan profit blanja.com. Saya lebih suka syarat dan ketentuan blanja.com diganti menjadi:

pengembalian dana ke pembeli akan dikenakan potongan biaya 3% untuk disumbangkan ke anak yatim piatu dan fakir miskin.

Ya sudah lah, saya akhiri curhat saya di sini. Mungkin saya yang salah karena tidak membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu sebelum berbelanja. Harapan saya, semoga blanja.com bisa mencontoh situs-situs belanja online yang lain yang mengembalikan dana secara penuh tanpa potongan. Yang kedua, semoga tidak ada pembeli yang merasakan kasus seperti yang saya alami ini, karena masalah ini rasanya seperti menusuk sampai ke jantung. Sakitnya tuh di dada.

 

———————————-
tambahan:

hari ini 1 september 2015 pihak blanja.com menelpon saya, dan menjelaskan panjang lebar bahwa saya mempunyai 4 akun dengan alamat pengiriman yg sama. karena itu lah saya dianggap reseller / trader.

saya menimpali, saya memang sering dimintai tolong istri, sodara, teman, mertua, tetangga untuk beli handphone murah di internet karena tidak semua orang bisa menggunakan internet dengan baik. dan saya belanja di blanja.com bisa dihitung dengan jari, mungkin 3 bulan sekali atau lebih, dan tiap pembelian hanya 1 biji. reseller katrok mana yg beli barang cuma 1 biji.

akhirnya pihak blanja.com berjanji akan membayarkan full refund tanpa potongan 3%, khusus untuk saya, karena saya membantah sebagai reseller. untuk pembeli lain yg terdeteksi sebagai reseller dan tidak bisa membuktikan bahwa dirinya bukan reseller tetep kena potongan 3% katanya.

dan yang terpenting, pihak blanja.com menjelaskan bahwa potongan 3% tidak masuk ke kantong blanja.com tapi charge dilakukan oleh pihak bank.

terima kasih untuk blanja.com yg sudah merespon curhat saya, semoga saya menerima full refund seperti yg dijanjikan.
dan buat para reseller, hindari memakai voucher di blanja.com jika tidak ingin kena potongan 3%. (trus voucher dikirim buat apa? bingung sayanya)

———————————-

update 7 September 2015

hari ini refund sudah masuk, tapi dana tetep dipotong 3%.

ya, sudah lah.

Penulis: Taukhid Pujo