Kita hidup dimana catatan harian berubah menjadi ootd, throwbacktuesday, selfie of the day, dan beragam foto lainnya yang menjadi perekam hari-hari yang kita lalui. Memori dan kenangan dari peristiwa-peristiwa yang kita lalui, hari per harinya semua dicatatkan di dalam hasil jepretan-jepretan kamera. Wajar saja, mengingat akses terhadap kamera menjadi lebih gampang karena kamera hp sudah mampu menghasilkan foto yang berkualitas. Merekam kenangan menggunakan kamera juga terasa lebih mudah daripada menuliskannya.

Sebuah foto bernilai sama dengan seribu kata, katanya. Foto mampu merekam ekspresi, suasana, posisi, dan hal-hal yang mungkin saja terlupakan oleh mata manusia biasa. Namun, terkadang banyak juga foto-foto yang hanya berakhir sebagai pengisi kapasitas memori saja. Kadang karena foto yang diambil begitu banyak dengan cerita yang sama saja. Berikut merupakan cara membuat foto menjadi lebih menarik.

 

1.    Panodash

ponadash

Pernah melihat foto satu orang yang sama dengan pose yang berbeda-beda dalam satu foto? Atau ingin menyampaikan dengan memegang pesan yang tertulis dalam kertas menggunakan satu foto? Caranya gampang, tinggal gunakan fitur panorama di kamera handphonemu. Hasilnya bisa jadi sekeren ini lo!

Pilih fitur panorama, lalu berdiri di posisi start. Setelah itu, lari ke belakang pemotret menuju bagian yang setelahnya yang akan difoto. Begitu seterusnya hingga foto panoramanya selesai diambil.

 

2.    Pano drive-by

pano drive by

Yang menyenangkan saat jalan-jalan dan berkendara melintasi berbagai daerah adalah saat melewati berbagai pemandangan yang berbeda. Di sisi lain, yang menyebalkan adalah bagaimana tetap mendapatkan foto yang menarik tanpa harus berhenti dan mengganggu laju mobil. Dengan menggunakan fitur panorama (lagi), kamu bisa mendapatkan foto unik dari jalanan yang kamu lewati. Dimana objek yang bergerak terlihat menjadi terstretch sementara background di belakangnya tetap.

 

3.    Zoom-lens

zoom lens

Saat berjalan-jalan dan menemukan objek yang menarik untuk difoto namun posisinya berada terlalu jauh darimu hingga susah untuk mengambil gambarnya. Atau ingin mengambil foto yang berada jauh di atas dan tidak ada jalan untuk mendekatinya. Teropong binokular bisa digunakan sebagai kaca pembesar. Letakkan teropongmu tepat di depan kamera lalu ambil foto objek yang diinginkan, et voila gambarnya dapat diabadikan dengan lebih baik.

 

4.    Macro lens

macro lens

Dunia flora dan fauna yang mikroskopik selalu menarik dan menyimpan misteri. Mengambil foto makhluk-makhluk kecil ini dengan menggunakan kamera profesional tentu mudah, namun jika kamera yang kamu punya hanya kamera hp tentu susah. Ternyata dengan menggunakan setetes air di depan kamera, bisa menggantikan lensa makro sehingga hasilnya jauh lebih menarik.

 

5.    Reflector

reflector

Kadang saat mengambil foto di bawah sinar matahari, sinar yang mengenai permukaan wajah tidak merata. Terkadang juga sinarnya tepat berada di atas kepala sehingga akan menghasilkan foto yang backlight. Dengan menggunakan suatu permukaan silver yang dapat memantulkan cahaya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah kok.

 

6.    Tripod and shutter cable

tripod

Sekarang sih memang sudah ada tongsis yang memudahkan mengambil gambar. Tapi harganya lumayan mahal dan kadang memakan ruang di tas saat bepergian sehingga bepergian tidak sesederhana dulu. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat tripod sendiri dari kardus ataupun kappa board lalu menggunakan tombol + pada headset sebagai shutternya. Ga perlu tongsis lagi kan?

 

7.    Underwater housing

uder water housing

Dunia bawah permukaan air selalu menghadirkan suatu persepsi baru. Kamera tahan air sih memang menyenangkan. Tapi jika dana terbatas, maka penggunaan gelas dapat menjadi solusi termudah.

 

8.    Foto bersuara

foto bersuara

Di saat kamu merasa berada di masa paling indah dalam hidupmu, merasa bahwa foto saja tidak cukup untuk mengabadikannya sementara video terlalu berlebihan dan tidak bisa mewakili momen itu dengan baik. Sebuah fitur dari smartphone vivo ini bsia menghasilkan foto dengan rekaman suara. Jadi saat tekan dan tahan shutter saat merekam apapun yang ingin direkam setelah mengambil foto. Ini akan menjadikan suasana dari fotomu untuk mudah diingat lagi nantinya.

 

9.    Foto watermark

foto watermark

Punya banyak foto sehingga ingin memasukkan emosi dan berbagai kata yang mewakili perasaanmu saat mengambil foto itu? Ada fungsi watermark yang dengan berbagai pilihan gaya yang bisa menguatkan emosi yang sudah tertera dari foto itu sendiri. Mengirimkan foto, mengupdate foto di sosial media, atau menyimpan foto untuk sekadar pengingat sekarang bisa jadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

10.    Sorting foto

sorting foto

Bayangkan jika kamu mengambil puluhan foto untuk satu momen. Banyak banget pasti foto-foto yang bertaburan di dalam gadget kamu yang bercampur satu sama lain. Nah ada fitur yang namanya sort intelligently dari vivo yang langsung mengklasifikasiin foto-foto kamu sesuai dengan tanggal dan lokasi diambilnya foto. Jadi foto-foto yang sudah kamu ambil dapat tersusun rapi.

Nah sepuluh cara itu bisa kamu manfaatin biar foto-fotomu menjadi menarik dan rapi. Nanti ketika kamu melihat lagi foto-foto itu kamu bisa dengan mudah mengingat kembali kapan, dimana dan bagaimana suasana kenangan kamu itu. Seru kan?

 

Artikel oleh Alfi Ramadhatillah

Keywords:

  • cara foto unik
  • trik foto unik
  • cara membuat foto unik
  • trik fotografi unik
  • hasil fotografer unik
  • teknik fotografi hp android
  • membuat foto unik
  • trik fotografi dengan hp
  • cara menjadi fotografer dengan hp android
  • trik kamera hp