Hari yang fitri datang dalam beberapa hari lagi! Waktunya untuk segera menyiapkan segala persiapan terbaikmu untuk bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Jangan sampai hari nan suci dan bahagia ini menjadi kurang menyenangkan karena hal-hal yang tidak disangka-sangka. Berikut persiapan-persiapan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menyambut hari yang fitr ini.

 

  1. Pakaian yang bersih dan rapi

 

Merayakan hari raya Idul Fitri tidak mesti melulu dibarengi dengan keberadaan pakaian baru. Cukup siapkan pakaian yang bersih dan nyaman dipakai seharian, mengingat kamu akan bertemu dengan sanak saudara serta tetangga seharian penuh. Berikut merupakan beberapa tampilan yang dapat dicoba untuk inspirasi tampilan hari rayamu!

 

pakaian bersih rapi

 

  1. Smartphone yang sesuai penampilan

 

Bepergian kesana kemari antar rumah keluarga membutuhkan mobilitas yang lancar. Biasanya pas agenda kayak gini yang membuat hal yang biasanya mudah terasa lebih ribet. Misalnya saja, penggunaan smartphone. Karena smartphone tidak mudah dibawa-bawa di dalam kantong pakaian wanita, biasanya mereka menyisipkan smartphonenya di dalam dompet. Smartphone tipis adalah smartphone yang paling pas untuk digunakan pada saat sekarang ini.

 

Setelah melanglang buana antara merk-merk smartphone macam Samsung, Lenovo, LG, dan Vivo, jatuhan saya jatuh pada vivo X3S sebagai smartphone yang paling pas untuk lebaran. Kenapa? Here is why,

 

Vivo terkenal dengan produk smartphonenya yang tipis, karenanya tampilan hari raya akan terlihat lebih simple karna bisa dimasukkan ke dompet mana saja. Selain itu, vivo X3S menyajikan beragam pilihan mode kamera yang dapat menghasilkan beragam foto yang hasilnya terlihat seperti hasil kamera profesional. Yang paling menarik adalah fitur beauty mode-nya! Bukankah momen kumpul-kumpul lebaran paling pas dinikmati dengan hasil foto yang berkualitas dan wajah yang bersih?

 

Dari beragam fitur yang ditawarkan vivo, saya sebenarnya lebih tertarik pada smart wake-nya. Lebaran di kampung saya selalu dipenuhi oleh kehadiran anggota-anggota baru nan lucu-lucu. Setiap orang selalu berebutan menggendong mereka. Yang kadang menyebalkan adalah, saat menggendong makhluk-makhluk lucu ini ada telfon dari teman-teman. Smart wake mengakibatkan kegiatan menelpon menjadi sangat mudah, hanya dengan membuat huruf C di layar.

 

  1. Data keluarga

 

Sehari sebelum hari raya, segera tanya-tanya orang tuamu rumah mana saja yang wajib dikunjungi, siapa saja di rumah itu, dan kamu harus memanggil dia apa. Terlebih jika kamu merupakan tipikal anak rantau seperti saya yang pulang ke kampung halaman setahun sekali dan di masa-masa pulang itu cuma berkegiatan di dalam rumah. Belum lagi jika banyak keluargamu yang merantau dan sedang pulang kampung juga. Jangan sampai nanti-nantinya kamu dicap sombong karena lupa mengunjungi di hari lebaran. Atau harus menghadapi “that awkward moment” karena memanggil Om kamu dengan sebutan Uda. Be prepare. Jangan lupa juga siapkan diri menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan. Dengan demikian, mood kamu tidak rusak jika harus menjawab beberapa pertanyaan yang menyebalkan.

 

  1. Uang dalam pecahan yang beragam

angpau

Sudah menjadi tradisi bahwa saat lebaran digunakan untuk berbagi-bagi rejeki. Masalahnya bagi kita-kita yang masih berpendapatan terbatas ini adalah terbatasnya sumber dana sementara yang harus diberi begitu banyak. Untuk mengakalinya tentu saja dengan memberi nominal yang berbeda-beda pada anak-anak yang berada di rentang usia yang berbeda-beda pula. Oleh karenanya, siapkan uang dengan berbagai nominal agar nanti semuanya kebagian tapi dompetmu juga tidak keteteran.

 

  1. Istirahat

 

Berhari lebaran sesungguhnya akan menghabiskan banyak waktumu untuk berpindah dari satu rumah ke rumah lain. Makanya, semalam sebelum lebaran jangan digunakan untuk melakukan kegiatan yang tidak penting. Sehingga esoknya bisa mengunjungi rumah sanak saudara dengan kondisi badan yang prima. Apalagi jika sampai ketiduran dan tidak sempat shalat Ied. Atau shalat Ied dalam keadaan mengantuk. Enggak banget deh!

 

Arikel oleh Alfi Ramadhatillah