Seorang ibu yang masih menyusui bayinya yang belum genap satu tahun, kini mengalami kehamilan lagi.  Sehingga ia masih memberikan ASI kepada bayinya walau kini kondisinya sedang hamil.

Berbahayakah jika ibu hamil terus memberikan ASI untuk bayi dan janin yang di dalam kandungannya?

hamil dan menyusui

Dokter spesialis Anak RS Graha Husada, dr Amran Harun SpA menjelaskan bahwa tidak ada bahayanya untuk ibu yang sedang menyusui dalam kondisi hamil. Hanya saja beban ibu tersebut terlalu berat karena disamping menyusui juga dalam kondisi hamil.

 

Amran menyarankan, sebaiknya untuk bayi yang sudah masuk delapan bulan diberi susu botol / tambahan (formula) karena sudah lewat enam bulan untuk menghindari beban ibu yang terlalu berlebihan yang akan menyebabkan bahaya pada anak yang dikandung.

 

Akan tetapi secara ilmiah ibu hamil menyusui tidak berbahaya hanya saja terjadi gangguan nutrisi hebat pada ibunya. Dan berdampak pada anak yang dikandungnya karena nutrisinya tidak cukup sehingga berpengaruh pada anak yang dikandung seperti berat bedan kecil.

 

Dan dikhawatirkan membahayakan anak yang dikandung karena nutrisi ibu dibagi tiga. Karena sebenarnya untuk perkembangan bayi yang dikandung, butuh nutrisi banyak dan nutrisi ibu butuh 1 1/3 kali dari normal.

 

Kemudian ibu dianjurkan untuk memeriksa kehamilan di dokter kandungan sebulan sekali guna melihat perkembangan kandungannya mendekati semester dua ke atas sebanyak dua kali dalam sebulan diperiksakan. Karena bayi yang lahir kecil lebih tidak aman dan tidak sehat.

 

sumber: tribunnews