Saat ini, perceraian sudah umum lebih sering terjadi daripada pernikahan yang langgeng dan bahagia. Ada banyak alasan klasik dan juga aneh dalam suatu perceraian. Kecanduan media sosial dalam kehidupan kita sehari-hari adalah salah satu alasan yang dapat merusak pernikahan.Apakah pernah terfikirkan di benak Anda, bahwa media sosial dapat merusak pernikahan? Apakah ponsel dapat berpengaruh terhadap rusaknya hubungan pernikahan?Teknologi hadir untuk kenyamanan dan kemudahan hidup. Tapi, jika Anda tidak cukup bijaksana untuk mengelola penggunaan media sosial, tidak dapat dipungkiri  Anda akan mengalami kecanduan media sosial. Ada banyak orang yang tidak mampu mengelola waktunya sehingga waktu yang seharusnya dilalui bersama keluarga, harus habis tidak terasa karena berjam-jam terlalu asik mengobrol dan tidak dapat lepas dari dunia maya / chating / media sosial. Gadget tidak pernah terlepas dari genggaman tangan, sehingga Anda lebih sering menatap layar smartphone daripada bercengkrama dan menikmati kebersamaan keluarga Anda. Awalnya ini mungkin terlihat cukup normal. Namun hari-hari berlalu, Anda akan menghadapi banyak masalah karena kurangnya komunikasi.

Berikut Sharingdisini beberapa cara media sosial dapat membahayakan pernikahan Anda.

perceraian akibat sosial media

 

Waktu
Ketika Anda berada dalam suatu ikatan pernikahan, yang seharusnya Anda prioritaskan, diluar masalah pekerjaan adalah menghabiskan waktu untuk kebersamaan satu sama lain dan menjaga profesionalitas dalam pekerjaan masing-masing. Kurangnya waktu kebersamaan yang private, sedang bersama namun masing-masing atau salah satunya malah sibuk dengan gadget dapat merusak pernikahan Anda. Ini akan mengakibatkan kurangnya komunikasi dan keakraban.

Penghindaran
Sadar atau tidak sadar, pasangan yang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial akan membuat pasangannya untuk menghindari. Ini akan menjadi musuh besar bagi ikatan pernikahan. Salah satu akan berkorban untuk tidak mengganggu saat pasangannya sedang asik dengan media sosialnya.

Faktor mantan
Dengan kemajuan teknologi saat ini, akan sangat mudah untuk mengetahui, memeriksa kondisi kehidupan sang mantan Anda. Perlu diingat, cara ini akan menjadi ancaman besar bagi hubungan pernikahan Anda.

Paparan citra diri
Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk menjadi pasangan yang sempurna, profil picture  dan foto-foto yang Anda share dipertontonkan di media sosial Anda akan tetap menjadi refleksi dari karakter dan kondisi Anda. Jika Anda tidak meluruskan niat dan mudah terbawa emosi, bahkan tergoda dengan kondisi teman-teman yang terlihat menarik di media sosial, tentu ini juga bisa berbahaya bagi pernikahan Anda.

Rahasia
Privasi memang diperlukan dalam suatu hubungan, namun tentu hanya sampai batas tertentu. Menyimpan terlalu banyak rahasia pribadi di dalam media sosial Anda dan menyembunyikannya dari pasangan Anda, hal ini akan memungkinkan terjadinya perceraian.

Terlalu berlebihan berbagi informasi
Sebelum membuat status, curhat dan berkeluh kesah di media sosial, Anda harus mempertimbangkan dan berfikir lebih jauh mengenai dampaknya. Apakah informasi yang akan Anda tulis ini pantas Anda bagi kepada teman-teman Anda.  Jangan sampai, sesuatu yang menyinggung perasaan pasangan Anda atau bahkan menghinanya dengan enteng Anda tulis di jejaring sosial Anda. Tentu ini akan berakibat fatal untuk hubungan Anda dan pasangan.

Kecemburuan
Media sosial dapat menjadi faktor obsesi, di mana suami dan istri selalu rajin memperbarui statusnya hampir setiap waktu tertentu. Sehingga mereka masing-masing sibuk memegang gadgetnya, sibuk berkomentar di sana-sini, asik mengobrol menanggapi komentar teman-temannya, hingga masing-masing lupa diri. Terkadang ini dapat menjadi bomerang dalam suatu hubungan pernikahan, yang kadang menyulut api kecemburuan, terutama jika salah satu pihak saja yang sedang terlalu asik mengobrol dengan teman di dunia maya, sednag pasangannya dicuekin dan tidak diperhatikan.

Prioritas
Ada banyak pilihan yang dapat mengikat Anda di media sosial. Jika Anda tidak bijaksana untuk mengelola waktu dan tidak mengerti prioritas antara keluarga dan media sosial, maka hubungan pernikahan Anda akan terancam gagal.

Peluang selingkuh
Ketika Anda berada di dalam media sosial, resiko untuk terjadinya perselingkuhan jelas Anda. Jika Anda tidak mampu mengendalikan diri Anda sendiri dan terlalu terbawa arus hingga lupa diri, tinggal menunggu waktu saja. Bahwa ikatan pernikahan sedang Anda pertaruhkan.

Teman yang salah
Salah satu penyebab media sosial dapat merusak pernikahan adalah dengan memulai persahabatan dengan orang-orang tidak tepat. Yang dapat langsung atau tidak langsung mengancam pernikahan Anda.

 

Keywords:

  • dampak negatif facebook bagi suami istri
  • bahaya facebook bagi rumah tangga
  • cara menyikapi istri kecanduan messos
  • buat istri hati hati dengan media sosial
  • bahaya sosmed bagi suami istri
  • bahaya medsos dalam rumah tangga
  • bahaya mediah sosial terhadap suami bagaimana cara mengatasinya
  • Bahaya fb bagi ibu yg sdh berumah tangga
  • bahaya facebook untuk pasangan suami istri
  • suami sibuk dg dunia maya