Tangan adalah bagian penting dari tubuh Anda. Tangan membantu dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Ada fakta lain bahwa,  kondisi tangan dapat memprediksikan kesehatan kita. Mereka dapat memberikan sinyal mengenai tanda-tanda awal dari penyakit berbahaya. Misalnya, tangan dapat menggambarkan perihal fungsi tiroid, ketidakseimbangan hormon dan penyakit hati. Dengan melihat kondisi tangan akan mengingatkan diri untuk berkonsultasi pada ahli kesehatan, mengenai kondisi kesehatan Anda. Berikut Sharingdisini tanda-tanda yang ditunjukkan tangan perihal kondisi kesehatan.

 

Red Palms

red palm

Jika telapak tangan selalu berwarna merah gelap, istilah medisnya sering disebut sebagai palmar eritema. Hal ini adalah tanda dari penyakit hati. Hal ini menunjukkan kondisi hati berlemak atau sirosis hati. Namun pada kondisi kehamilan telapak tangan berwarna merah adalah hal yang normal, hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke tangan.

 

Jari manis yang lebih panjang dari jari telunjuk

jari

Pada wanita jika jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk, hal itu menunjukkan bahwa mereka berisiko yang lebih tinggi menderita osteoporosis. Pria biasanya memiliki jari manis lebih besar daripada jari telunjuk, hal itu normal jika pada pria.

 

Jari jemari yang bengkak

tangan bengkak
Jika jari-jari Anda kaku dan bengkak mungkin menjadi indikasi hipotiroidisme. Jika tiroid berada di bawah normal, maka akan terjadi penurunan laju metabolisme dan akibatnya terjadi kenaikan berat badan, retensi cairan dan pembengkakan. 

 

Kuku pucat

gejala anemia
Jika kuku berwarna pucat dan berwarna putih selama satu menit sesaat setelah kuku ditekan, bisa jadi ini pertanda anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan kuku pucat karena jumlah sel darah merah berada di bawah normal. Jika anemia tidak diobati dapat menyebabkan kuku berbentuk sedikit cekung.

 

Bintik merah/coklat di bawah kuku

red spot on fingers
Bintik-bintik merah atau kecoklatan adalah bercak darah yang ada di bawah kuku, hal ini disebut perdarahan sempalan. Kondisi ini menjadi peringatan perihal infeksi darah atau penyakit jantung. Mungkin ada infeksi pada katup jantung yang disebut endokarditis bakteri.

 

Kuku jemari yang menebal cembung

clubbed
Hal ini dikenal sebagai ‘clubbing‘.  Kuku-kuku jari menjadi menebal dan mencembung. Kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit paru-paru atau jantung. Jangan abaikan, segeralah berkonsultasi pada dokter.

 

Kuku dan jari yang membiru

abnormal kuku
Kuku berwarna a
bu-abu atau biru, diwarnai jari mati rasa, hal ini menunjukkan sirkulasi darah yang terganggu. Gangguan peredaran darah ini disebut penyakit Raynaud. Ini bisa disertai dengan tangan dingin dan mati rasa di ujung jari.

 

Bintik merah dan kecoklatan di sekitar permukaan atas tangan

bercak tangan
Bintik-bintik cokelat atau kemerahan mencerminkan diabetes akut. Pada kasus diabetes, saraf dan pembuluh darah menjadi lemah termasuk saraf tangan. Hal ini menyebabkan bintik-bintik merah pada tangan karena terjadi pendarahan internal.

 

 

 

Sumber:

Keywords:

  • warna telapak tangan yang sehat
  • warna telapak tangan yang normal