penyebba nyeri dada
Nyeri dada adalah nyeri yang terasa di mana saja di daerah dada dari tingkat bahu Anda ke bagian dalam tulang rusuk Anda. Ini adalah gejala yang umum bagi orang-orang di usia berapa pun, serta ada banyak kemungkinan penyebab mengapa nyeri dada terjadi. Butuh observasi lebih lanjut untuk memastikan alasan mengapa terjadi nyeri dada. Umumnya jenis nyeri dada yang serius disebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung. Penyebab umum nyeri dada antara lain penyakit jantung, serangan jantung, keasaman dan bahkan gangguan paru-paru. Bila nyeri dada Anda dimulai di tengah, sisi kanan atau kiri, dan disertai keringat berlebihan, sesak napas,  nyeri di leher dan perasaan mual, ini adalah kondisi yang sangat darurat. Segeralah ke RS terdekat, karena keadaan darurat.

Berikut Sharingdisini beberapa penyebab nyeri dada.

Penyakit Jantung
Salah satu penyebab utama nyeri dada disebabkan karena masalah jantung, yang secara medis dikenal sebagai ‘angina’. Penelitian menyatakan bahwa setiap orang dapat menderita angina baik tiba-tiba atau ketika komplikasi dengan penyakit komplikasi jantung yang telah diderita. Dalam kasus seperti ini, nyeri dada dirasakan di daerah bahu, lalu meenjalar ke anggota badan lainnya.

 

Akibat Ketegangan
Tidak banyak yang menyadari, ketegangan bisa menjadi alasan sakit di dada. Ketika ada peningkatan tekanan darah di arteri yang membawa darah ke paru-paru, akan menimbulkan rasa sakit di dada.

 

Magh Akut
Penyakit gastroesophageal reflux juga dikenal sebagai GERD adalah penyebab lain untuk nyeri dada. Keasaman / magh akut / heart burn akan membuat dada terasa panas terbakar. Hal ini biasanya disertai dengan bersendawa konstan, dada terasa berat dan nyeri di daerah bahu.

 

Masalah paru-paru
K
elainan dari fungsi paru-paru dapat menjadi salah satu penyebab dari nyeri dada. Emboli paru adalah gangguan paru-paru di mana gumpalan darah berkembang di arteri paru-paru sehingga menutup aliran darah dan terjadi nyeri dada yang hebat.

 

Stres
Stres adalah salah satu penyebab nyeri dada. Ketika tubuh berada di bawah tekanan stres, detak jantung meningkat, dan tekanan darah juga meningkat sehingga mempengaruhi sistem peredaran darah. Aliran darah yang terllalu deras ke jantung mengakibatkan nyeri dada.

 

Depresi
Depresi membuat malapetaka di kehidupan seseorang, terutama dengan jantung. Ketika Anda merasa tertekan, ada peningkatan denyut jantung dan aliran darah lebih cepat ke jantung menyebabkan nyeri dada yang tiba-tiba.

 

Akibat Cedera
Cedera pada tulang rusuk, otot atau dinding dada akan mengakibatkan nyeri dada. Jenis nyeri dada biasanya tetap konstan dan dapat diobati dengan obat-obatan.

 

Keseleo / otot dada tegang mendadak
Ketika otot dada tertarik secara tiba-tiba, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, maka proses metabolisme akan terhambat yang berdampak pada otot. Strain / kejang / kaku otot dada ini salah satu penyebab nyeri dada. Selain kejang otot dada, posisi badan / tidur yang salah, juga dapat mengakibatkan dada terasa nyeri. Tarik nafas secara perlahan, memposisikan tubuh secara tepat akan membantu otot dada yang kejang dan terasa kaku.