Bagi masyarakat Indonesia dengan iklim tropis , orang-orang lebih cenderung mudah berkringat dan berminyak, di tambah lagi lalu lintas kota jakarta yang padat dan penuh dengan polusi kendaraan bermotor memperparah kondisi lingkungan yang sangat tidak baik untuk kulit.

Tidak hanya fakor lingkungan yang membuat kulit menjadi berminyak, faktor dari pubertas yang sangat wajar terjadi dan tidak perlu di khawatirkan karena seiring berjalannya waktu, kondisi kulit akan menjadi normal seiring dengan hormon yang semakin seimbang.

Faktor terakhir yang sangat mengganggu wanita adalah jenis kulit berminyak, wanita yang terlahir dengan kulit berminyak cenderung akan terus memiliki minyak berlebih hingga masa tuanya, sehingga wanita dengan kulit berminyak membutuhkan perawatan khusus.

200014020-001

Inilah beberapa tips dan trick dalam merawat, dan memilih jenis kosmetik yang tepat untuk jenis kulit berminyak.

  1. Cleanse , jika kamu punya kulit berminyak, mencuci sangatlah penting, karena dengan keadaan kulit berminyak debu sangat mudah menempel dan akan menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat dan komedo
  2. Toner ! kadang orang berpikir kalau sudah mencuci muka apa gunanya menggunakan toner? Jangan pernah melewatkan toner step ! karena sesungguhnya setelah mencuci muka, muka akan menjadi sangat kering sehinngga tubuh mengira kulit kalian membutuhkan kelembapan sehingga memproduksi minyak lagi, dan inilah peran toner, toner membantu menyeimbangkan PH kulit sehinnga kulit tidak menjadi sangat-sangat kering dalam sekejap setelah mencuci.
  3. Pelembab , pelembab itu sifatnya optional, tidak semua orang nyaman menggunakan pelembab, namun apabila kamu adalah orang yang merasa butuh pelembab, jika kamu punya kulit berminyak sering kali pelembab menambah parah karena lengket dan kulit terlihat semakin berminyak. Oleh karena itu pilihlah pelembab khusus untuk kulit berminyak dengan bentuk gel, karena gel dapat cepat meresap dan mengering di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.
  4. Masker lemon, lemon memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh, salah satu fungsi terbaik untuk kulit berminyak adalah lemon mampu mengurangi kadar minyak pada kulit. Usapkan perasan air lemon pada kulit selama 5-10 menit kemudia basuh dengan air hangat selama 2-3 kali seminggu, minyak pada kulit di jamin akan berkurang.
  5. Kosmetik , pilihlah kosmetik yang ditujukan untuk kulit berminyak, jangan menggunakan kosmetik yang mengandung sunblock karena membuat kulit menjadi berkilau, dan selalu pilih kosmetik matte agar kulit terlihat tidak berminyak.
  6. Tips make up ,pertama gunakan primer yang cocok untuk kulit, lalu untuk kulit berminyak kalau memang pergi di siang hari dan tidak perlu makeup berlebih, gunakan lah concealer dan pakai di tempat-tempat yang bermasalah saja, karena fondation dapat menyumbat pori-pori apalagi kalau sudah berminyak pasti akan menjadi jerawat. Gunakan bedak , selalu bedaki kulit yang telat di beri fondation atau concealer untuk mengset makeup dan membuat makeup jadi matte.

Artikel oleh Natalia Koniliu