leather stuff

Aksesoris dengan bahan kulit saat ini makin banyak di minati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda, dewasa, perempuan maupun laki-laki menyukai bahan kulit karena material ini terlihat netral dan simple, sehingga cocok untuk berbagai style. Namun walaupun sederhana bahan satu ini tak pernah terpisahkan dari kesan classy dan elegant. Maka tak ayal peminatnya sekarang makin bertambah.

Namun sayangnya masih banyak yang belum begitu paham bagaimana cara merawat bahan kulit. Material ini tidak boleh di perlakukan sama dengan aksesoris berbahan lain. Salah-salah niat untuk merawat dengan baik nanti justru malah akan merusak bahan dari aksesoris itu sendiri. Baik itu tas, sepatu, dompet , jaket dan lainya. Berikut ada beberapa tips untuk kamu merawat aksesoris berbahan dasar kulit.

1. Simpan bahan kulit pada suhu normal. Jangan terlalu banyak terkena panas matahari, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Simpanpada tempat yang bersih dan kering karena jika pada tempat yang lembab dan kotor akan mudah menimbulkan kuman dan berjamur. Jika terkena hujan langsung segera di bersihkan dengan lap kering.

2. Tidak perlu mencuci bahan kulit. Cukup di lap saja dengan kain basah atau bisa mencampurkan dengan sabun berbahan ringan seperti sabun atau shampoo bayi. Namun sebaiknya coba tes terlebihdahulu kemampuan kulit terhadap bahan sabun tersebut dengan mengusapnya pada bagian yang tidak begitu terlihat. Lakukan pembersihan dengan cara di usap mengikuti arah serat kain.

3. Jika terkena noda membandel kamu bisa membersihkan nya dengan mengusap baby oil yang di tuangkan pada kain kering, atau campuran air dengan baking soda. Bersihkan dengan cara memutar halus permukaan bahan yang terkena noda. Gerakan ini dilakukan agar kotoran yang menempel dapat terangkat.

4. Agar bahan kulit terawat dan selalu dalam keadaan baik kamu dapat mengoleskan body lotion atau olive oil pada aksesoris kulit mu. Ini akan membuat kulit tetap lembab dan bagus. Untuk jaket kulit jangan disimpan dengan cara dilipat. Sedangkan untuk dompet atau tas simpan dengan diisi dengan robekan kertas, hal ini agar bentuknya tidak berubah dan bahan tidak mengerut. Sementara untuk sepatu dapat disimpan dengan mengisi bagian dalam sepatu dengan koran. Selain mempertahankan bentuknya, koran juga dapat mengurangi bau tidak sedap pada sepatu.

Artikel oleh : Amelia Andriana

Keywords:

  • cara merawat aksesoris berbahan kulit