Sepatu berbahan suede kerap sulit dibersihkan, karena jika terkena air maka bahannya yang lembut dan sedikit berbulu akan rusak dan mengeluarkan warna yang berbeda. Nah, kalau kamu pernah mengalami hal tersebut, ini dia tips yang bisa kamu coba dirumah:

sepatu suede

1.    Usap dengan menggunakan sponge cuci piring
Belilah sponge yang biasa dipergunakan untuk cuci piring, alangkah baiknya bila menggunakan yang masih baru dan bersih. Sebelum dibersihkan, coba kamu raba sepatumu dan lihat kearah manakah bahan suede tersebut menjadi rapih dan rata, karna kalau kita salah mengusapkannya maka akan gagal. Setelah itu teteskan beberapa tetes air pada sponge dan usap sesuai dengan arah yang benar. Jika ada noda berlebih jangan sampai kamu gosok, cukup usap lembut sampai noda hilang.

2.    Gunakan semir khusus sepatu berbahan suede. Berbeda dengan semir biasa, semir ini disebut suede lotion. Terdapat 2 bentuk. Yaitu botol lotion biasa dan roll on seperti deodorant. Dengan cara yang sama. Usapkan pelan hingga sepatu suede kamu terlihat seperti baru!

3.    Gunakan brush yang biasa kita temukan untuk make up , cara ini sangat ampuh loh readers. Sapukan brush yang tentunya dalam keadaan kering dan smooth ke sepatu suede milik kamu, dengan brush ini, kotoran yang menempel pada bahan suede sepatu kamu bisa hilang layaknya vacuum cleaner!, tetapi untuk cara ini, kamu tidak bisa menghilangkan noda. Hanya bisa menghilangkan kotoran seperti debu.

 

Artikel oleh Nimas Dwiutami

Keywords:

  • cara mewarnai sepatu berbahan suede