Diet sebenarnya sangat baik bagi kesehatan setiap orang. Diet bukan saja bagi orang yang kelebihan berat badan, namun perlu juga dilakukan oleh orang yang sudah memiliki tubuh yang proporsional. Bagi orang yang kelebihan berat badan, diet merupakan cara untuk menurunkan berat badan guna mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, bagi orang yang sudah memiliki berat badan yang diinginkan, diet juga perlu dilakukan untuk menjaga berat badannya dan juga menjaga pola makan dengan makan-makanan yang sehat guna menjaga daya tahan tubuh hingga tua nanti.

 

Ada beberapa metode diet yang sudah cukup familiar di Indonesia, diantaranya diet golongan darah. Seperti namanya, diet golongan darah adalah diet yang makanan dietnya disesuaikan dengan golongan darah seseorang yang ingin melakukan diet. Hasil penelitian terhadap diet ini menghasilkan reaksi berbagai jenis makanan terhadap kondisi tubuh setiap orang dengan golongan darah yang berbeda. Hal ini sangatlah masuk akal, mengingat kondisi tubuh setiap orang sebenarnya tidak sama, sehingga penerapan jenis diet yang efektif pada orang satu, belum tentu efektif untuk diterapkan pada orang lain.

diet golongan darah

Diet Golongan Darah O

Pertama diet golongan darah O. Konsumsilah banyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi, dan seafood adalah beberapa jenis makanan yang termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi. Hindarilah sayuran seperti misalnya terong, kentang, jamur, dan tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

 

Hal ini berguna untuk menghindarkan diri dari risiko gangguan lambung, alergi dan nyeri sendi. Makanan lain seperti ikan tuna, sardine, tempe, tahu, daging, ayam, dan susu kedelai adalah beberapa jenis makanan yang bersifat netral bagi golongan darah O. Lakukan jenis olahraga kardio di pagi hari seperti jogging, bersepeda, atau berenang, sehingga dapat memberikan impact yang baik untuk menyegarkan tubuh.

 

Diet Golongan Darah B

Yang kedua adalah diet golongan darah B. Golongan darah B memiliki tingkat antibodi yang paling tinggi diantara golongan darah yang lain, sehingga orang dengan golongan darah B umumnya akan jarang terserang penyakit. Konsumsilah aneka ikan laut, olahan susu seperti keju dan yoghurt, brokoli, wortel, dan terong karena akan sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Namun sebaliknya, hindari terlalu sering mengkonsumsi olahan daging ayam, daging bebek, kacang tanah, olahan gandum, alpukat, jagung, belimbing, pir dan air soda karena dapat memperbesar risiko penggumpalan darah dan serangan jantung. Sementara jenis makanan lain seperti daging sapi, cumi-cumi, mentega, telur ayam dan kacang merah bersifat netral untuk Anda. Rajinlah berolahraga dengan latihan moderat, seperti dance atau balet, yang akan sangat cocok bagi Anda dengan golongan darah B.

 

Diet Golongan Darah A

Golongan darah A sangat cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi dan lobster, juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim dan makanan tinggi karbohidrat, contohnya ubi.

 

Namun golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam karena sifatnya yang netral atau cenderung tidak punya pengaruh signifikan terhadap tubuh. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A adalah olahraga santai seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit per hari.

 

Diet Golongan Darah AB

Yang terakhir adalah diet golongan darah AB. Golongan darah yang termasuk perantara golongan darah A dan B ini merupakan jenis golongan darah yang misterius dan unik. Orang dengan golongan darah AB dapat menyesuaikan diri dengan berbagai makanan. Jauh lebih mudah daripada orang dengan golongan darah lain. Sehingga konsumsi daging dan sayuran yang berimbang akan berdampak sangat baik bagi golongan darah AB.

 

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebaiknya perbanyak konsumsi susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori, dan buah anggur merah. Sebaliknya, orang dengan golongan darah AB, lebih baik untuk tidak mengkonsumsi telur bebek, kepiting, buah pisang, dan air soda. Ada pula beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai, antara lain sakit sendi dan radang tulang. Untuk menghindarinya, berolahragalah secara teratur dengan intensitas yang sering, misalnya jogging ringan, pilates atau yoga.

 

Artikel oleh Putri Alvinta