Shisha memiliki prosedur dan alatnya lebih rumit, merokok dan shisha sering dianggap lebih aman shisha. Tahukah anda bahwa selama yang dihisap adalah asap tembakau, racun nikotin tetap dapat mengancam kesehatan anda.

shisha

Sebenarnya shisha atau di sebut hookah merupakan alat pengisap tembakau yang berasal dari India. Penggunaan alat ini sangat popular di Timur Tengah, dan sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Bentuk dari alat ini sendiri menyerupai lampu minyak, dengan tabung utama yang terhubung ke sejumblah pipa penghisap, dan terdapat papan pemanas yang berisi bara diatasnya yang dapat berfungsi untuk membakar tembakau.

 

Tabung utama biasanya terbuat dari kaca, dan berisi air sebagai filter karena filternya sendiri berupa air, maka munculah anggapan bahwa shisha lebih aman dibandingkan rokok filter biasanya.

Menurut penelitian di inggris, shisha sendiri justru dapat menghasilkan asap lebih banyak dibandingkan rokok, akibatnya karbon monoksida (CO) yang terhirup lebih banyak dan bisa menyebabkan sesak nafas.

Kadar nikotin pada shisha juga tidak lebih sedikit meski difilter dengan air. Secara umum resiko kesehatan yang di hadapi saat menghisap shisha sama besarnya dengan rokok biasa, termasuk kangker paru-paru serta gangguan kehamilan.

Oleh sebab itu pikirkan kembali jika menganggap shisha lebih aman dibandingkan rokok. Walau terdapat perasa atau pun aroma pada Shisha itu sendiri tidak memberikan manfaat untuk kesehatan anda.

 

 

By: Parawidya Yoga