sayur asem

Kuliner di Indonesia memang terkenal lezatnya, apalagi makanan-makanan yang bahannya dari tumbuh-tumbuhan dan kemudian diolah menjadi hidangan yang diminati banyak orang.Salah satunya sayur asem, hidangan berkuah ini menjadi menu favorite bagi masyarakat kita yang terkenal memiliki cita rasa yang lezat.
Nah, kalau sayur asem sudah terkenal, sebenarnya ada lagi makanan yang tidak kalah enak dari sayur asem ini, namun memang belum banyak orang yang mengetahuinya kecuali masyarakat Bangka Belitung.Bagi pecinta makanan khas Indonesia, wajib untuk mencoba kelezatan masakan “Lempah Darat Keladi” yang terkenal di Bangka Belitung ini.Kalau sayur asem menggunakan labu siam, jagung manis, dan kacang panjang, beda halnya dengan lempah darat keladi yang menggunakan bahan utama keladi atau yang dikenal dengan talas.
Rasa yang dimiliki lempah darat keladi sangat unik, bagi anda yang ingin mencicipinya anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan resep berikut:

Resep Lempah Darat Keladi :

  • Bahan-bahan
  1. Talas / keladi 10 batang
  2. Daun idat muda 2 ikat
  3. Daun kencur muda 1 ikat
  4. Terong pipit muda 15 buah
  5. Terong ungu muda 3 buah
  6. Kacang kecipir 1 ikat
  7. Terasi ½ ons
  8. Cabe rawit 5 buah
  9. Cabe merah 7 buah
  10. Garam 1 sdt
  11. Penyedap ½ sdt
  12. Gula 1 sdm
  13. Air 1 liter
  • Cara memasak
  1. Bersihkan talas dan potong 2,5 cm, terong pipit dan terong ungu di belah dua, kacang kecipir di potong kecil 1cm, dan daun kencur muda di potong 1cm.
  2. Cuci semua bahan yang telah dipotong hingga bersih
  3. Haluskan bumbu-bumbu ( caberawit dan cabe merah, terasi, garam, dan penyedap rasa)
  4. Didihkan air lalu masukan bumbu-bumbu yang telah di haluskan, kemudian masukan talas, terong pipit dan terong ungu, kacang kecipir, dan daun kencur muda
  5. Setelah sayuran sudah layu, masukan gula dan daun idat muda yang telah diremas
  6. Setelah matang, lempah darat keladi siap dihidangkan.

 

Devia Roselina