rias cantikTata rias atau make up merupakan suatu seni menghias wajah dengan tujuan untuk memperindah dan mempercantik penampilan wajah. Tata rias wajah dengan teknik yang benar akan menutupi beberapa kekurangan yang ada pada wajah dan membuat penampilan wajah lebih terlihat fresh.

Mengapa make up itu penting?

Dengan dasar tata rias yang baik dan benar maka hasil riasan secara keseluruhan akan tampak halus, alami dan bercahaya. Tetapi selain itu dasar tata rias juga mempunyai fungsi lain yang penting, yaitu :

  • Melindungi kulit wajah dari berbagai faktor alam yang dapat merusak kulit seperti sengatan sinar matahari, kotoran debu dan polusi.
  • Mengatasi bentuk wajah yang kurang ideal
  • Menutupi dan menyamarkan noda-noda pada wajah seperti noda hitam, kerutan, bekas jerawat, dan bekas luka.

Berikut beberapa langkah tahap penggunaan tata rias :

Langkah 1

Kulit Sebelum Riasan ( Perawatan kulit )

–          Pertama-tama bersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih susu. Ini merupakan rutinitas utama yang harus dilakukan agar noda terangkat. Mengapa dengan pembersih susu? Riset mengatakan bahwa pembersih susu bekerja secara optimal dalam membersihkan wajah serta memberikan kelembapan pada wajah yang dapat menghasilkan wajah tampak lebih halus dan lembab.

–          Kedua, pijatkan wajah secara lembut ke arah luar wajah agar terasa kencang dan sehat.

–          Ketiga, gunakan kapas yang berbeda untuk kedua bagian wajah sebelah kanan dan sebelah kiri. Hal ini berguna agar tidak memberikan tumpukan kotoran pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya dan mengangkat kotoran secara optimal. Setelah kapas di bagi dua, bersihkan wajah mulai dari bagian tengah wajah lalu tarik ke bagian luar wajah agar mendapat kekencangan yang optimal pada kulit.

–          Jika wajah masih terasa kotor, gunakanlah kembali pembersih susu hingga wajah benar-benar terasa ringan dan bersih.

–          Keempat, gunakan air bersih pada kulit yang telah dibersihkan untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit. Hindari pemakaian toner. Riset menunjukkan bahwa toner mengandung 20%-40% alkohol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

–          Kelima, olesi pelembap sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika perlu gunakan pelembap yang terdapat SPF 15 guna untuk membantu kulit tampak lebih cerah dan melindungi kulit dari radiasi UV.

 

Langkah 2

Riasan Wajah ( Foundation untuk kulit tanpa cela )

Sebelum menggunakan bedak, oleskan alas bedak yang sesuai dengan kulit anda secara tipis pada bagian wajah hingga ke bagian leher.

–          Pertama tama, beri foundation pada bagian mata secara lembut dari pojok bagian dalam mata sampai ke seluruh bagian mata serta ke bagian atas alis.

–          Kedua, beri foundation pada wajah yang selalu dimulai pada garis tengah wajah lalu ratakan ke bagian luar wajah dengan 3 jari 3 jari agar merata. Untuk wajah yang berjerawat, gunakan spons bedak yang baru agar terlindungi dari kotoran dan tidak mudah berjerawat. Ratakan hingga ke bagian rahang dan leher.

–          Setelah itu aplikasikan dengan bedak tabur dengan menggunakan brush agar bedak membaur secara merata. Untuk hasil yang maksimal, gunakan spons bedak tabur dengan ditepuk-tepuk pada wajah hingga leher agar merata. Lalu sempurnakan dengan membubuhkan bedak padat agar tampak lebih bercahaya.

Langkah 3

Riasan Mata ( Untuk tampilan mata sempurna )

Eye shadow

–          Aplikasikan warna terang atau muda pada kelopak mata sebagai dasar riasan dengan eye shadow. Lalu warna gelap untuk efek smoky dan ratakan ke bagian lipatan mata umtuk menambah kedalaman dan mempertegas mata secara menyeluruh. Tambahkan sedikit warna putih untuk terlihat lebih menonjol.

1. Tampilan alami/siang    : Aplikasikan kering dengan nuansa warna lebih pucat di sepanjang kelopak mata hingga ke arah alis, kemudian gunakan warna yang lebih gelap di sepanjang lekukan mata.

2. Tampilan dramatis/malam : Aplikasikan basah, lembabkan aplikator Anda, cukup dicelupkan sedikit untuk melembabkannya. Aplikasikan dengan cara yang sama dengan mengaplikasikan kering. Gunakan cream eyes hadow sebelum mengaplikasikan warna eye shadow agar lebih tahan lama.

 

Pensil Alis

–    Pada bagian alis mata, terlebih dahulu buatlah titik tempat agar mudah menarik pensil alis. Pertama, arahkan pensil alis sejajar dengan cuping hidung, beri titik, lalu sejajarkan kembali pensil alis dengan bola mata, beri titik. Dan terakhir miringkan pensil alis di bawah cuping hidung, beri titik pada akhir alis mata. Tarik pensil alis dari bagian dalam melalui titik-titik tadi secara tebal hingga tipis ke bagian luarnya. Bagi yang memiliki alis yang lebat, gunakan pensil alis secara tipis untuk mempertegas garis alis. Pada bagian luar alis, tarik garis secara tipis dan runcing untuk mempertegas alis mata. Langkah selanjutnya, rapikan alis dengan sikat alis, jika perlu menyisihkan sedikit lip gloss pada alis.

 

Bulu Mata

Aplikasikan maskara pada bulu mata bagian dalam dengan gerakan yang mengarah ke bagian hidung. Lalu angkat bulu mata bagian tengah dan luar menggunakan maskara dengan gerakan zig zag. Untuk hasil yang terbaik, gunakan 2 maskara. Maskara yang membuat bulu mata bagian atas tampak bervolume dan panjang, kemudian maskara tahan air untuk bulu mata bagian bawah, agar mata anda bebas dari corengan.

Langkah 4

Riasan Bibir ( Warna bibir berkilau )

–   Gunakan lip blam sebelum menggunakan lipstick. Bibir yang kering tidak akan menyerap warna dengan baik, pelembab adalah salah satu pencegah bibir pecah-pecah dan pemakaian lipstick berulang-ulang.

–   Gunakan lip liner untuk membentuk bibir terlihat lebih penuh, dan mencegah lipstik terlihat berantakan.

–   Gunakan lip brush pada saat menggunakan lipstick, hal ini membantu meratakan lipstick pada bibir dan meraih lipstick dari dalam tube-nya.

–   Dapatkan penampilan alami serta padat dan berkilau, gunakan lipstick berwarna netral dan tambahkan dengan menggunakan lip gloss.

–   Jika perlu, gunakan madu sebagai pengganti lip gloss dan lip blam untuk menjaga kesehatan alami bibir anda. Gunakan pula madu sebagai masker bibir Anda selama 15 menit setiap harinya untuk menghasilkan bibir tampak lebih kenyal dan sehat.

Langkah 5

Periksa Rambut ( Siap & Pergi )

–   Bersihkan rambut secara lembut dengan menggunakan Hair x / shampoo yang sesuai dengan rambut Anda dan bilas dengan air dingin untuk menyegarkan kulit kepala Anda. Pijat kulit kepala Anda untuk mendorong pertumbuhan rambut.

–   Keringkan rambut dengan handuk, blow dan sisir untuk menambahkan volume. Disarankan untuk penggunaan hair dry dengan jarak 30 cm untuk menghindari kerusakan pada rambut.

–   Gunakan vitamin serta serum untuk membantu mengurangi kerusakan rambut dan rambut bercabang serta meningkatkan vitalitas.

 

Artikel oleh Alvicki Srikaya Putri