Perawatan kuku tangan atau biasa juga disebut manicure adalah suatu rutinitas yang digemari oleh wanita (kadang – kadang pria juga). Rutinitas perawatan kuku ini memberikan efek relaksasi dan juga mempercantik kuku kita, namun terkadang melakukan manicure di salon khusus dapat membuat kantong bolong. Kamu tau gak kalo misalnya mani – pedi itu bisa dilakukan sendiri dirumah, dan bisa juga dilakukan bareng temen – temen kamu. Buat kamu – kamu yang budgetnya terbatas dan suka mempercantik kuku, berikut ini ada 7 langkah mudah (dan murah pastinya) untuk mani pedi sendiri dirumah.

Pertama – tama, berikut ini adalah hal – hal yang kamu butuhkan;

Cairan pembersih kutek (aseton)
Kikir kuku
Buffing block
Body scrub
Stik kutikula
Minyak kutikula
Pelembab
Base coat, kutek berwarna dan top coat

Nah selanjutnya, ini adalah langkah – langkah dalam melakukan mani-pedi;

1. Mulai dengan kuku yang bersih
kuku bersih
(sumber: google.com)

Pastikan kuku tangan dan kakimu bersih dari kutek, bersihkan kukumu menggunakan aseton atau nail polish remover non-aseton yang bisa kamu dapatkan di toko obat. Kemudian mulailah bentuk kukumu menggunakan gunting kuku, atau kikir dan kemudian gunakan buffing block untuk memperhalus kukumu.

Ada beberapa bentuk kuku yang dapat kamu coba yaitu almond, mountain peak, square, rounded, squarely rounded, dan oval. Oval merupakan bentuk kuku paling standar dan tidak terlalu mencolok, kamu cukup membentuk kukumu sehingga terlihat seperti telur. Bentuk kuku oval memberikan kesan jari panjang sehingga cocok untuk kamu yang jarinya kurang panjang.

Sedangkan bentuk kuku kotak (square) merupakan bentuk kuku yang paling populer, sangat fashionable. Untuk mendapatkan kuku berbentuk kotak kamu hanya perlu meletakkan alat kikirmu di posisi garis lurus kemudian mulai membentuk sehingga terlihat seperti kotak. Bentuk kuku kotak cocok untuk kamu yang jarinya panjang dan memiliki kuku yang lebar

2. Scrub
santai
(sumber: pinterest.com)

Setelah membentuk dan membersihkan kuku dari kutek, sekarang adalah saatnya untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang ada. Gunakan body scrub yang dijual di super market ataupun toko kecantikan, aplikasikan sedikit ke telapak dan punggung tangan serta kaki kemudian pijat – pijat perlahan. Kamu juga dapat membuat body scrub mu sendiri hanya dengan mencampurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok makan baby oil. Scrubbing memberikan efek relaksasi dan juga dapat menghaluskan kulitmu karena proses scrubbing mengangkat sel – sel kulit mati yang ada. Bilas hingga bersih.

3. Melembabkan kulitmu

Setelah kamu mengangkat sel – sel kulit mati dari kulitmu, sekarang kamu harus mengembalikan kelembaban kulitmu. Gunakan alat manikur yang dijual di super market dan juga minyak kutikula atau hand cream untuk melembutkan dan mendorong kutikula mu. Ingat! Jangan pernah menggunting kutikula mu, karena itu dapat menyebabkan luka dan infeksi.

 

4. Jangan lupa base coat

Gunakan base coat untuk menjadi alas dari kutekmu. Basecoat berguna untuk menghaluskan permukaan kukumu sehingga kutekmu dapat terlihat lebih cantik dan rapih.

5. Warnai kukumu
warnai kuku
Gunakan kutek dengan warna kesukaanmu, atau sesuaikan dengan mood kamu saat itu. Kalau kamu bosan dengan kutek yang biasa saja dan polos kamu dapat mencoba nail art, pada jaman berkembang seperti in kamu dapat dengan mudah mencari tutorial nail art di internet, youtube dan pinterest biasanya menjadi pilihan utama.

Atau, kalau kamu malas atau kesusahan dalam mengaplikasikan nail art pada kukumu sendiri, kamu dapat mencoba dan menghubungi instagram @nailed_itjkt. Nailed it menawarkan jasa nail art dengan harga yang sesuai dengan kantongmu. Go check them out!

  6.  Top coat

Setelah menggunakan kutek, gunakan top coat transparan untuk melindungi kutek ataupun nail art mu sehingga tidak mudah rusak dan juga warnanya lebih bertahan lama. Kalau kamu bukan tipe yang suka menunggu kutekmu kering, kamu bisa gunakan top coat yang mempercepat keringnya kutekmu, biasanya dijual di toko kecantikan atau department store.

 7. Bersantai

Semua rutinitas mani-pedi mu sudah selesai, sekarang waktunya bagi kamu untuk bersantai dan menikmati waktu senggangmu. Selama bersantai usahakan untuk tidak menyentuh apapun, karena kamu baru saja mewarnai kukumu dan bisa jadi kutekmu belum kering dan mudah rusak.

kuku2

Supaya ketika kamu melakukan mani-pedi sendiri dirumah kamu tidak terkena infeksi, peralatan mani-pedi itu harus dijaga kebersihannya. Seperti contohnya gunting kuku, setelah digunakan gunting kuku dapat dibersihkan dengan cara isi sebuah mangkok dengan larutan isopropyl alkohol, kemudian rendam gunting kuku di dalamnya dan diamkan selama 30 menit agar dapat melarutkan bakteri dan jamur, setelah itu keringkan dengan cara menaruh gunting kuku diatas kertas tisu dan tutupi gunting kuku dengan tisu lainnya, biarkan hingga kering, begitu juga dengan peralatan mani – pedi yang lainnya.

Namun beberapa alat mani – pedi yang dijual di pasaran terbuat dari kayu ataupun busa sehingga memang dibuat untuk sekali pemakaian kemudian dibuang. Kamu juga dapat membaca petunjuk cara membersihkan alat mani – pedi mu di kemasan alat yang kamu beli. Cara penyimpanannya pun harus di tempatkan bersamaan dengan alat – alat lainnya yang sudah steril sehingga tidak akan terkontaminasi oleh bakteri ataupun jamur dari alat lain yang belum dibersihkan.

kuku1
(sumber: www.hellomissniki.com)

Lakukan rutinitas ini dengan teman – teman mu ketika sedang pesta menginap, atau peralatan yang disebutkan diatas dapat kamu jadikan hadiah untuk temanmu yang sedang berulang tahun. Beli peralatan diatas di toko obat sehingga kamu mendapatkan harga yang lebih murah, kemudian gunakan box ataupun mason jar untuk mengemasnya, gunakan imajinasimu ketika sedang menghias sehingga teman mu akan terkesan dengan hadiah yang kamu berikan.

 

Artikel oleh Marsya Yasmina

Keywords:

  • meni pedi
  • cara meni pedi
  • cara meni pedi di rumah
  • menipedi
  • alat meni pedi
  • cara meni pedi sendiri
  • meni pedi di rumah
  • cara meni pedi di salon
  • cara meni pedi dirumah
  • meni pedi di salon