Di era 90 an tayangan televisi dihiasi dengan berbagai macam acara yang bervariasi. Tidak seperti saat ini dimana televisi sangat marak menampilkan sinetron yang tidak memberikan nilai apapun bagi para penontonnya. Bahkan sering menampilkan kekerasan fisik maupun verbal yang sangat tidak baik jika dilihat oleh anak kecil. Di era 90an banyak sekali kuis yang menghiasi layar kaca. Kuis merupakan tayangan yang dapat menambah informasi sekaligus mengasah otak. Kuis juga cocok ditonton oleh semua umur sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmatinya.berikut beberapa kuis yang sangat populer di era 90an seperti:

kuis

  1. Tak Tik Boom, acara kuis ciptaan Ani Sumadi yang dibawakan oleh Dede Yusuf. Dalam acara yang ditayangkan RCTI ini 2 kontestan saling adu pengetahuan dan strategi.
  2. Apa Ini Apa Itu, ditayangkan di RCTI, dibawakan oleh Elmo kemudian digantikan oleh Jeffry Waworuntu. Kuis ini tayang setiap senin sampai jumat pukul 12.30 WIB. Permainan ini akan berlangsung dalam 3 babak bertipe tebak gambar, tebak lagu, seputar tokoh, suara misteri, dan seputar film/ program TV.
  3. Kata Berkait merupakan sebuah acara kuis Indonesia yang disiarkan RCTI. Acara ini ditayangkan setiap hari Senin-Jumat. Berisi acara yang berhubungan dengan permainan kata-kata dan mengudara selama 30 menit. Dibawakan Nico Siahaan.
  4. Kuis Piramida adalah acara kuis Indonesia yang ditayangkan di RCTI setiap Senin-Jumat selama 30 menit, sejak tanggal 30 Oktober 1995 sampai 29 Desember 2000.
  5. Berpacu dalam Melodi adalah acara kuis Indonesia ciptaan Ani Sumadi. Acara ini dibawakan oleh Koes Hendratmo, ditayangkan di TVRI pada tahun 1988 – 1998, setiap Selasa dan Kamis selama 60-90 menit. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuis ini berkisar mengenai lagu, terutama dari era dekade 1950-an sampai 1980-an.
  6. Kuis Siapa Dia? Acara yg tayang tahun 1992-1998 ini dibawakan oleh Alm. Aom kusman dan merupakan kuis ciptaan Ani Sumadi.
  7. Famili 100 adalah salah satu program kuis paling sukses di Indonesia dengan jumlah penayangan lebih dari 2.500 episode, yang diadaptasi dari kuis Family Feud berdasarkan lisensi Fremantle Media dari Amerika Serikat. Dalam acara ini, 2 keluarga berusaha untuk menebak jawaban yang terbanyak dijawab berdasarkan hasil survei kepada 100 orang. Pembawa acara F100 adalah Sonny Tulung. Acara ini ditayangkan tahun 1996 sampai 1998 di ANTV.

 

oleh Glenis Priyanka