1.    Buah Kecapi
kecapi
Buah yang sepintas mirip manggis dengan kulit berwarna kuning dan sedikit berbulu ini sudah sulit ditemukan di mana-mana. Buah kecapi sulit dimakan, namun kaya akan manfaat. Tidak hanya daging buahnya yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah berkembangnya sel kanker. Ternyata akar kecapi bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan kejangdan menyembuhkan sakit perut. Selain itu batang dan kulit kecapi juga mampu meredakan radang telinga dan mencegah aktivitas sel tumor.

2.   Buah Genitu
genitu
Buah yang kulitnya berwarna hijau ini banyak disukai orang karena rasanya yang manis dan segar. Namun, buah ini tidak bisa dikonsumsi jika belum benar-benar matang, sebab kandungan getahnya sangat banyak. Buah genitu dikenal juga dengan nama “kanitu”. Buah ini kebanyakan ditemukan di Jawa Timur, khususnya di sekitar Jember. Buah genitu baik apabila dikonsumsi oleh penderita kanker, larengitis, diabetes dan pneumonia. Tetapi sangat disayangkan buah ini sudah jarang sekali didapatkan.

3.    Buah Matoa
matoa
Buah yang hanya terdapat di Papua ini sangatlah unik. Rasanya manis seperti gabungan antara rambutan, lengkeng dan durian yang tentu saja membuat buah ini sangat enak sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Buah matoa kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Namun, dapat membuat “teler” jika terlalu banyak dikonsumsi karena kandungan glukosa jenuh di dalam buah ini.

4.    Buah Kesemek
kesemek
Buah kesemek sekilas nampak seperti buah tomat. Buah ini disebut pula sebagai buah genit karena kulitnya diberi bubuk putih seperti bedak. Buah yang rasanya manis ini tumbuh di daerah pegunungan. Banyak manfaat bagi kesehatan yang didapat jika kita mengonsumsi kesemek, antara lain adalah mencegah kanker, menghambat proses penuaan dini, menyehatkan paru-paru, menjaga tubuh agar tetap langsing dan lain-lain.

5.    Buah Jamblang
jamblang
Dahulu, buah yang mirip anggur ini sangat populer dengan rasanya yang sangat masam. Buah ini pun bisa membuat lidah berwarna ungu sehingga anak-anak senang saat memakannya. Jamblang dipercaya sebagai obat Diabetes Militus. Khasiat lain yang terdapat pada daging buah jamblang adalah sebagai sumber antioksidan dari kandungan betakaroten, antosianin dan betalanin dari warna-warna yang dimilikinya. Buah potensial sebagai obat dan pewarna alami tersebut, kini sudah sangat jarang diperoleh karena kalah saing dipasaran seiring dengan masuknya berbagai jenis buah-buahan import.

 

Artikel oleh Amanda Riestiany

Keywords:

  • buah lokal langka
  • apa nama buah yg menyerupai anggur